KARHUTLA RIAU

10 Ha Lahan Terbakar

Pekanbaru | Sabtu, 03 April 2021 - 09:00 WIB

10 Ha Lahan Terbakar
Satgas Karhutla melakukan upaya pemadaman lahan terbakar di Jalan Pemuda Ujung, Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki, Jumat (2/4/2021). Lahan terbakar diperkirakan kurang lebih 10 hektare. (MHD AKHWAN/RIAUPOS.CO)

PAYUNG SEKAKI (RIAUPOS.CO) -- Tim Manggala Agni Daops Sumatera IV Pekanbaru bersama TNI, dan Polri, BPBD bersama masyarakat berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki, Jumat (2/4/). Gerak cepat tim sukses menyekat api yang menjalar dan membakar lahan belukar di wilayah pinggiran Kota Pekanbaru tersebut.

"Karena ini kebakaran permukaan, di mana kalau kebakaran permukaan ini dengan cepat melebar atau meluas. Kalau diperkirakan, kebakaran luasnya lebih kurang 10 hektare," ujar Fetra Ganda sebagai koordinator pemadaman Karhutla Manggala Agni Daops Sumatera IV Pekanbaru kepada Riau Pos.


Dijelaskannya, adapun jenis atau tipe kebakaran permukaan dengan status lokasi merupakan lahan masyarakat yang ditumbuhi lalang, pohon akasia, pohon rambutan, pohon karet. Tetapi didominasi pohon akasia.

"Kami mendapat laporan bahwa telah terjadi karhutla sejak pukul 14.00 WIB. Satu regu tim dari Manggala Agni Daops Sumatera IV Pekanbaru langsung ke lokasi melakukan pemadaman," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, pihaknya saat ini masih dalam proses melakukan pemadaman. Karena di beberapa titik masih terjadi kebakaran lahan permukaan.

"Kami lihat kondisinya dulu. Kalau bisa memungkinkan malam melakukan pemadaman, kami akan lakukan pemadaman sampai malam. Kami lihat kondisinya dulu," ungkapnya.

Fetra Ganda menuturkan, kendala yang dihadapi adalah tim sempat kesulitan dalam mengejar kepala apinya. Karena lahan yang terbakar sangat kering ditambahkan lagi dengan cuaca panas dan angin cukup kencang sehingga kebakaran cepat meluas.

"Kami sempat kesulitan untuk mengejar kepala apinya," terangnya.

Ditambahkannya, diduga Karhutlah terjadi karena adanya unsur kesengajaan. Dalam proses melakukan pemadaman, tim menggunakan air dari kanal-kanal yang terdapat di lokasi lahan tersebut.

"Kita dapat sumber air dari kanal yang berada di lokasi kebakaran. Sehingga cukup terbantu untuk kita melakukan pemadaman. Dalam proses pemadaman kami menggunakan alat pemadam api portabel," pungkasnya.(dof)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com