Harganas, PDKI Riau Gelar Aksi Sosial Peduli Covid-19

Pekanbaru | Jumat, 03 Juli 2020 - 10:48 WIB

Harganas, PDKI Riau Gelar Aksi Sosial Peduli Covid-19
Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia Riau foto bersama usai menggelar aksi sosial dalam rangka Harganas 2020 di kompleks Bandar Serai, Ahad (28/6/2020).(HUMAS PDKI FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI) cabang Riau menggelar aksi sosial dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh pada 29 Juni. Aksi yang dilangsungkan, Ahad (28/6)di Bandar Serai (Purna MTQ) Pekanbaru ini meliputi penyuluhan, silaturahmi ke posko Gugus  Tugas Covid-19, pembagian masker dan sembako kepada pedagang kaki lima, pengemudi ojek, sekuriti, dan pemulung di sekitar lapangan PurnaMTQ, serta sumbangan masker bedah untuk beberapa rumah sakit di Pekanbaru.


Ketua PDKI Riau dr Nuzelly Husnedi MARS menyampaikan, semua pihak harus berkolaborasi untuk bersama-sama dapat mengatasi wabah ini. Dalam masa pandemi ini PDKI mempunyai program tanggap Covid-19 yang diikuti oleh anggota PDKI di 20 provinsi. Program ini adalah bentuk dari  partisipasi PDKI dalam gerakan dokter semesta. Dr dr Elda Nazriati MKes sebagai Koordinator Wilayah Riau untuk program  tanggap Covid-19 PDKI  menyampaikan, program ini sudah berlangsung sejak 18 Mei 2020 dan akan berakhir 31 Juli 2020.

Program yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan ini  melibatkan lebih kurang 600 dokter keluarga di seluruh Indonesia sebagai relawan Covid-19. Di Riau ada 40 orang dokter yang terlibat dalam program ini.  Relawan dokter keluarga ini ditempatkan pada puskesmas tempat kerjanya atau tempat  domisilinya masing-masing untuk membantu program penanggulangan Covid-19. Sebelum turun ke lapangan para dokter ini terlebih dahulu telah mendapatkan pengayaan dari PP PDKI.

Kegiatan yang dilakukan antara lain mapping risiko pasien dan keluarga, edukasi pada masyarakat  secara online dan offline, serta berkolaborasi dengan puskesmas dan masyarakat setempat untuk memperkuat program penanggulangan Covid-19 dan program kesehatan lainnya.(fiz/ifr)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-09.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com