BANJIR PEKANBARU

170 Rumah Warga di Perumahan Vila Mande dan Fauzan Asri Terendam

Pekanbaru | Selasa, 04 Oktober 2022 - 19:59 WIB

170 Rumah Warga di Perumahan Vila Mande dan Fauzan Asri Terendam
Banjir yang melanda Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru masih belum surut, Selasa (4/10/2022). Banjir terparah terjadi di Perumahan Vila Mande di Jalan Embun Pagi. (JOKO SUSILO/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Banjir terparah merendam Perumahan Vila Mande di Jalan Embun Pagi, Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru. Banjir merendam 100 rumah warga perumahan tersebut.

Sampai sekitar pukul 17.01 WIB, banjir yang merendam perumahan warga tersebut masih belum surut. Banjir disebabkan karena meluapnya air Sungai Sail. Perumahan yang terdampak banjir tersebut memang berada di dekat aliran Sungai Sail. Hanya berjarak sekitar 25 meter dari bibir Sungai Sail.


Sore itu Riaupos.co melihat para warga sedang menunggu air banjir yang merendam rumah mereka segera surut. Mereda duduk-duduk di tanah yang lebih tinggi, tidak jauh dari perumahan mereka. Mereka memang tidak mengungsi karena ingin memantau rumahnya. Takut, barang-barang mereka di rumah dijarah maling.

"Banjir merendam rumah kami malam, ya sekitar tengah malam. Karena hujan turun sepanjang malam. Kami tak ada yang mengungsi karena barang-barang di rumah masih banyak, takut hilang," ungkap salah satu warga yang mengaku bernama Ida saat ditemui Riaupos.co.

Sementara banjir juga merendam warga di Jalan Wicaksana, atau tepatnya di Perumahan Fauzan Asri, yang masih berada di dekat aliran Sungai Sail tersebut. Di perumahan itu ada seikitar 70 rumah. Sementara yang telah mengungsi ke rumah sanak keluarga mencapai ssbanyak 50 KK. Warga mulai mengungsi sejak pagi yang dibantu petugas dari BPBD Kota Pekanbaru.

Perahu bantuan difungsikan untuk mengungsikan para anak anak dan orang tua. Sedangkan yang lainnya warga masih tinggal di rumahnya. Mereka juga ingin menjaga barang berharga di rumahnya.

"Sebagian warga sudah mengungsi ke rumah keluarganya. Yang nggak punya keluarga, ya nunggu di rumahnya masing-masing," ungkap Warfar salah satu korban banjir di Perumahan Fauzan Asri kepada Riaupos.co.

Banjir yang merendam perumahan Fauzan mencapai betis orang dewasa. Sore kemarin air mulai surut dan warga berharap banjir segera surut agar mereka bisa kembali beraktivitas di rumah masing masing.

Meski begitu tenda telah dibangun BPBD Pekanbaru. Tenda yang berukuran sekitar 6x4 meter tersebut belum dipakai mengungsi warga. Warga memilih mengungsi ke rumah kerabat atau menunggu di rumahnya masiang masing.

Sementara banjir juga merendam Jalan Lemba Raya, jalan menuju Jembagan Sungai Batak. Akses jalan tersebut sementara ini juga ditutup karena banjir belum surut.

Laporan: Joko Susilo

Editor: Edwar Yaman









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB Thawalib Padang Panjang




EPAPER RIAU POS  2022-12-03.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com