Picu Kerumunan, Sanksi Hukuman Kurungan dan Pencabutan Izin Menanti

Pekanbaru | Rabu, 05 Mei 2021 - 18:08 WIB

Picu Kerumunan, Sanksi Hukuman Kurungan dan Pencabutan Izin Menanti
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru yang diimbau agar tidak memicu keramaian jelang lebaran 2021 ini guna menekan lajunya angka penyebaran virus corona di Ibukota Provinsi Riau.. (DOK.RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Tradisi berbelanja yang serba baru menyambut hari raya Idul Fitri di tengah masyarakat seakan tak peduli ancaman wabah yang menyerang. Berbondong-bondong pengunjung ke pusat keramaian dan perbelanjaan di Ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru dan terus meningkat. Mencegah kerumunan menjadi perhatian serius pihak kepolisian. Bagi yang melanggar, ancaman sanksi tegas pun bakal diberlakukan apabila tetap memicu keramaian.

Mulai ancaman sanksi kurungan badan hingga pencabutan izin tempat usaha pusat perbelanjaan akan diterapkan Mapolda Riau melalui Mapolresta Pekanbaru jelang lebaran tahun ini. Demikian ditegaskan Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang Mu'min Wijaya kepada Riaupos.co, Rabu (5/5/2021).


Tegas, Nandang mengingatkan pusat perbelanjaan di wilayahnya agar jangan memicu kerumunan. Hal tersebut menyusul meningginya aktivitas masyarakat dalam berbelanja pakaian menjelang lebaran Idul Fitri. 

“Kalau tempatnya ditemukan pelanggaran, pengelola akan mendapat sanksi lebih berat. Ada sanksi denda, ada juga cabut izin usaha, juga kena pidana,” tegas Kapolresta Pekanbaru.

Ditambahkannya, aturan ini juga diterapkan di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan. Pantauan intens akan dilakukan kepolisian bersama-sama pihak terkait lainnya di Kota Bertuah, sebutan Kota Pekanbaru.

“Jadi double, karena timbulkan kerumunan. Kita proses sesuai hukum berlaku," sambung Kombes Nandang Mu'min Wijaya. 

Bila ditemukan adanya pelanggaran, maka kepolisian menurutnya akan memberikan sanksi hukum berupa kurungan satu tahun penjara hingga denda. Tidak sampai disitu saja, pencabutan izin usaha juga menanti. Tempat keramaian ini, antara lain pusat perbelanjaan berupa toko hingga mal.

Laporan: Bayu Saputra (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  24-Juni.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com