Kesenian Tambua Tansa Ramaikan CFD

Pekanbaru | Senin, 05 Agustus 2019 - 10:25 WIB

Kesenian Tambua Tansa Ramaikan CFD
Menghibur : Sanggar Gundah Sarantak Kaki menampilkan kesenian budaya tambua tansa asal Pariaman, Sumbar, di kawasan CFD Jalan Sudirman, Ahad (4/8/2019). Evan Gunanzar/RIAU POS
PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Tak melulu soal lari pagi, bersepeda, makan ataupun berbelanja. Pada kegiatan car free day (CFD) di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Ahad (4/8), aktivitas kesenian tradisional pun menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. 

Seperti penampilan Sanggar Gundah Sarantak Kaki di depan Kantor Gubernur Riau yang menyita penasaran publik. Puluhan pasang mata terfokus oleh kesenian tambua tansa asli Minangkabau, berkolaborasi dengan tari piring, aksi injak beling dan silat Kumango Harimau Lalok.

Tabuhan suara gendang terdengar dari kejauhan dari penampilan sekitar 30 anak-anak mulai umur delapan tahun itu. Rizky (24)sebagai ketua sanggar Sanggar Gundah Sarantak Kaki mengatakan, penampilan perdana di CFD itu sekaligus untuk memperkenalkan budaya nusantara. “Untuk memperkenalkan dan promosi Sanggar Gundah Sarantak Kaki,” katanya. 

Sanggar yang berada di Jalan Agus Salim itu telah berdiri sekitar dua tahun lalu. Pria asli Pariaman tersebut menuturkan awal mula ia berada di naungan Sanggar Bengkel Seni Budaya (BSB). Tetapi, setelah enam tahun berdiri, sayangnya sanggar itu vakum.  

“Kami pernah masuk sanggar, cuma vakum. Makanya, kami buat sanggar sendiri,” ujarnya.(*1)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com