PERGURUAN TINGGI

Mahasiswa Magister Kesmas STIKes Hang Tuah Ikuti Pembekalan Residensi

Pekanbaru | Senin, 06 Januari 2020 - 12:41 WIB

Mahasiswa Magister Kesmas STIKes Hang Tuah Ikuti Pembekalan Residensi
FOTO BERSAMA: Para pimpinan STIKes Hang Tuah Pekanbaru foto bersama mahasiswa Magister Kesmas STIKes Hang Tuah usai pembekalan, Sabtu (4/1/2020). (Magister Kesmas STIKes Hang Tuah for Riau Pos)

KOTA (RIAUPOS.CO) - Sebanyak 99 mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hang Tuah Pekanbaru mengikuti pembekalan resisdensi.


Pembekalan residensi tersebut dibuka oleh Ketua STIKes Hang Tuah Pekanbaru H Ahmad Hanafi SKM MKes, Sabtu (4/1) di Aula STIKes Hang Tuah Pekanbaru. Pada pembekalan itu hadir sejumlah pimpinan STIKes Hang Tuah, dosen pembimbing akademik residensi,  dan tim penyusun panduan residensi yakni Dr Mitra SKM MKM, drg Oktavia Dewi MKes, Jasrida Yunita SKM MKes, Nurlisis SKM MKes, Endang Purnawati Rahayu SKM MSi, dan Kamali Zaman SKM MKL. Residensi berlangsung selama empat pekan dari 6 Januari hingga 6 Februari 2020 di 19 tempat instansi atau perusahaan yang tersebar di Provinsi Riau.

Ketua Program Studi (Prodi) Magister Kesmas STIKes Hang Tuah Pekanbaru Dr Mitra SKM MKM mengatakan, residensi merupakan suatu kegiatan praktik kerja lapangan dalam kurun waktu yang ditetapkan guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mendapatkan pengalaman nyata.

Hasil residensi disajikan dalam bentuk laporan untuk diseminarkan. Tujuan umum residensi yakni, mahasiswa mampu memahami pengelolaan dan memiliki bekal keterampilan dasar yang cukup untuk pemecahan masalah kesehatan sesuai dengan peminatan masing-masing yang didasarkan pada ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan dengan mengaplikasikanya di institusi tempat residensi.

"Sedangkan tujuan khusus residensi adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan berdasarkan data dan informasi yang diperoleh sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap program yang telah atau akan dilaksanakan," ujarnya.  

Dikatakannya, ada 19 instansi dan perusahaan sebagai tempat residensi. Luar Kota Pekanbaru  ada 10 tempat diantaranya Rohul, Rohil, Duri, Tembilahan dan Kampar.  Sedangkan Kota Pekanbaru ada sembilan tempat.(nto/c)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com