Siswa Darma Yudha Raih Perunggu Olimpiade Fisika Internasional di India

Pekanbaru | Senin, 06 Juni 2022 - 09:14 WIB

Siswa Darma Yudha Raih Perunggu Olimpiade Fisika Internasional di India
Tim Olimpiade Fisika dari Indonesia foto bersama usai mengikuti ajang Asian Physics Olympiade ke-22 yang diselenggarakan pada 25-31 Mei 2022 lalu di Dehradun, India. (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Siswa sekolah Darma Yudha kembali mengharumkan nama Riau di kancah internasional dengan meraih medali perunggu di ajang Asian Physics Olympiad ke-22 yang diselenggarakan pada 25-31 Mei 2022 di Dehradun, India. Siswa yang bernama John Howard Wijaya,  peserta didik kelas 11 IPA, SMA Darma Yudha ini, tergabung dalam tim Olimpiade Fisika Indonesia.

Pada acara tersebut, tim Indonesia meraih dua medali perunggu dan lima Honorable Mention. Hasil yang diraih tim Olimpiade Fisika Indonesia tersebut yaitu, John Howard Wijaya dari SMA Darma Yudha Pekanbaru meraih medali perunggu dan Edward Humianto dari SMAK 1 Penabur Jakarta juga meraih medali perunggu.

Yamaha Alfa Scorpii

Kemudian Jonathan Tjandra dari SMAK Calvin Jakarta, David Michael Indraputra dari SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang, Christopher Ivan Budiwardhana dari SMAK Penabur Tangerang, Berwyn dari SMAK 1 Penabur Jakarta, Althaaf Syaika Nuhaad dari SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta dan Savero Lukianto Chandra dari SMA Fransiskus Bandar Lampung, masing-masing memperoleh Honorable Mention.

Keberhasilan ini mendapat sambutan gembira dari pihak sekolah. Terutama Kepala Sekolah SMA Darma Yudha Christian Pramudana MEd yang merasa bangga atas prestasi anak didiknya tersebut. "John Howard merupakan salah satu peserta didik yang menonjol di bidang akademik, dan memiliki sikap yang sangat santun di sekolah terhadap guru, maupun teman-temannya," ujarnya kepada Riau Pos, Ahad (5/6).

Menurutnya lagi, pihak sekolah sangat mendukung setiap kemampuan yang dimiliki peserta didik, baik di bidang akademik, maupun nonakademik. Tidak terkecuali John Howard, sekolah mendukung penuh andil John Howard dalam kompetisi tingkat internasional ini, dengan cara membantu dalam penyusunan jadwal latihan, dan dispensasi belajar di dalam kelas.

"Tentunya, prestasi John Howard Wijaya didapatkan berkat dukungan banyak pihak, sehingga meraih hasil yang menjadi sejarah serta prestasi yang selalu menjadi bagian penting dalam perjalanan generasi muda Indonesia bernama John Howard Wijaya," ungkapnya.


Atas prestasinya tersebut, John Howard terpilih kembali untuk mewakili Indonesia dalam ajang Internasional Physics Olympiad (IPhO) yang akan diselenggarakan tanggal 10 hingga 18 Juli 2022 di Swiss. Dia akan berlomba bersama dengan Tim Nasional Indonesia terdiri dari John Howard Wijaya (SMA Darma Yudha Pekanbaru), David Michael (SMA BPK Penabur Gading Serpong, Banten), Berwyn (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta), Althaaf Syaikha (SMA Kesatuan Bangsa, Yogyakarta) dan Jonathan Tjandra (SMAK Calvin, Jakarta).(ose)








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Pekanbaru

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  10-Aguss.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com