KESEHATAN

RS Awal Bros Berikan Pelayanan Ekstra

Pekanbaru | Senin, 06 Juli 2020 - 10:41 WIB

RS Awal Bros Berikan Pelayanan Ekstra

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Rumah Sakit (RS) Awal Bros menyatakan kesiapan membantu pemerintah dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan Covid-19. Hal itu merupakan salah satu bentuk komitmen RS Awal Bros dalam menyukseskan percepatan penanggulangan Covid-19 di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.


Sebagai salah satu rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19, RS Awal Bros memberikan pelayanan ekstra dalam menangani pasiennya.  Humas RS Awal Bros Sudirman Reni Lisanti mengatakan pihaknya bahkan telah menyiapkan ruangan khusus pasien Covid-19. Yaitu ruangan dengan tekanan negatif yang terpisah dengan ruangan rawatan lainnya yang menggunakan standar nasional dan internasional dalam penanggulangan Covid-19.

"Sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, selain ruangan rawatan khusus, Rumah Sakit Awal Bros khususnya di Pekanbaru juga menyediakan layanan hemodialisa/cuci darah, kamar operasi, ruang bersalin, ruang bayi, ruang ICU khusus untuk pasien pasien dengan status PDP dan positif Covid-19. Sehingga tidak bercampur dengan pasien pasien non-covid lainnya," ujar Reni, Ahad (5/7).

Lebih jauh disampaikan Reni, selain membedakan ruangan rawatan, Rumah Sakit Awal Bros juga melakukan skrining awal bagi pengunjung ataupun karyawan yang akan masuk kedalam kawasan rumah sakit. Bagi pasien yang menunjukan gejala mengarah ke Covid-19, akan diarahkan melalui poliklinik khusus (poliklinik fever) yang terpisah dari gedung poliklinik utama. Pengunjung juga diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan saat memasuki area rumah sakit.

Untuk membantu masya­rakat yang ingin melakukan skrining dan pemeriksaan Covid-19, Rumah Sakit Awal Bros memberikan layanan pemeriksaan laboratorium Covid-19 yang terjangkau bagi masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan mendatangkan alat canggih di laboratorium khusus di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. Sehingga pemeriksaan tidak perlu dikirim ke luar kota yang dapat menekan harga pemeriksaan yang selama ini dikeluhakan masyarakat terasa memberatkan. Untuk pemeriksaan rapid test, Rumah Sakit Awal Bros telah menggunakan alat immunoassay. Yaitu alat yang memeriksa antibodi SARS-CoV2 di dalam darah. Alat ini lebih sensitif dan akurat untuk deteksi dini SARS-CoV2. Untuk pemeriksaan , Rumah Sakit Awal Bros menggunakan alat real time PCR yang merupakan gold standard pemeriksaan Covid-19. Pemeriksaan ini bukan pemeriksaan skrining, namun diagnostik untuk Covid-19.

Dikatakan Reni, Rumah Sakit Awal Bros, sebagai pusat pelayanan kesehatan terkemuka di Indonesia siap membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan Covid-19 di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

"Bagi masyarakat diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan di era new normal ini agar laju penularan Covid-19 dapat ditahan dan mewujudkan cita-cita bersama Indonesia," tuturnya.(a)

Laporan: Mujawaroh Annafi (Pekanbaru)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-12.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com