EVALUASI EHA 2019

Kekurangan Air Bersih Jadi Catatan

Pekanbaru | Jumat, 06 Desember 2019 - 07:57 WIB

Kekurangan Air Bersih Jadi Catatan
Ahmad Syah Harrofie

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Kekurangan air bersih menjadi catatan dalam penyelenggaraan Emberkasi Haji Antara (EHA) Riau 2019. Hal ini diketahui setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Pantia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan rukun Islam yang kelima.


Asisten I Bidang Pemerintah Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan, pihaknya sudah melakukan evaluasi menyeluruh mengenai proses penyelenggaraan ibadah haji. Mulai dari kedatangan jamaah, penginapan, pemberangkagan serta menyambut kepulangan jamaah. 

"Kita melakukan evaluasi penyelenggaran EHA Riau 2019," ungkap Ahmad Syah, Kamis (5/12) kemarin. 

Pada evaluasi ditambahkan Ahmad Syah, pihaknya juga memaparkan hasil penilai beberapa komponen dari para jamaah dan hasilnya jamaah merasa puas terhadap penyelenggaran tersebut. Namun, diakui mantan Penjabat Sekdaprov Riau, ada  menjadi catatan yang dikeluhkan jamaah terkait ketersediaan air bersih di asrama. 

"Catatannya itu air bersih kurang dan sempitnya aula kedatangan. Sedangkan untuk komponen lain seperti keamanan, kebersihan, penceramah, ibadah, pelayanan dokumen serta bimbingan itu nilainya diatas 80," imbuhnya. 

Atas catatan itu, sambung dia, pihaknya melakukan perbaikan agar ke depannya lebih baik. Dimana telah dialokasikan anggaran di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau 2020 untuk perbaikan dan kelengkapan asrama haji. "Sudah dianggarkan di 2020, alokasi dananya berada di Dinas Perkim," papar mantan Pj Bupati Bengkalis. 

Lebih lanjut dikatakan Ahmad Syah, pihaknya bersama PPIH telah sepakat untuk mengusulkan kembali Riau menjadi EHA 2020. Usulan itu, sambung dia, akan disampaikan ke Gubernur Riau, Syamsuar. "Kita sepakat mengusulkan ke Pak Gub, tahun depan kita usulkan jadi embarkasi haji antara. Saya akan laporkan ke pak gubernur, jika disetujui, maka selanjutnya disampaikan ke menteri," tuturnya.(rir)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-05.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com