HARGA PANGAN

Pasokan Kurang, Harga Cabai Merah Kembali Naik

Pekanbaru | Selasa, 07 Januari 2020 - 12:28 WIB

 Pasokan Kurang, Harga Cabai Merah Kembali Naik
MULAI Naik: Pedagang bahan pokok menyusun cabe merah yang dijualnya di Pasar Cik Puan Pekanbaru, Senin (6/1/2020). Harga cabai merah mengalami kenaikan dalam sepekan ini, dari harga Rp32 ribu per kilogram, saat ini mencapai Rp44 ribu per kilogram. (EVAN GUNANZAR/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- SUDAH sepekan terakhir, harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru mengalami kenaikan. Di mana, pada pekan ini harga cabai merah per kilogramnya berada dikisaran Rp44 ribu sampai Rp48 ribu. Kenaikan harga ini diduga dipicu karena kurangnya pasokan dari luar Riau yang menjadi pemasok utama kebutuhan cabai.

Salah seorang pedagang cabai merah di Pasar Cik Puan Pekanbaru, Aga mengatakan, pada pekan lalu harga satu kilogram cabai merah masih berada dikisaran Rp32 ribu. Namun karena stok yang tersedia terus menurun, harga di pasaran juga mengalami kenaikan.

"Harganya naik terus, sekarang sudah sampai Rp44 ribu per kg. Katanya pasokannya kurang dari Sumatera Utara, karena para petani di sana libur Natal dan tahun baru," sebutnya.


Akibat kenaikan harga tersebut, Aga mengakui bahwa minat pembeli untuk membeli cabai sedikit berkurang. Apalagi beberapa bahan pokok lainnya seperti telur juga masih mengalami kenaikan.

"Lumayan berkurang juga yang beli, biasanya ada yang beli satu kg atau setengah kg. Sekarang paling banyak cuma beli seperempat saja," keluhnya.

Kenaikan harga cabai merah tersebut juga dirasakan dampaknya oleh ibu rumah tangga Seperti yang disebutkan Sherly, dirinya mengaku terpaksa harus mengurangi jumlah pembelian cabai merah karena harganya yang tinggi.

"Ya jadi harus kurangi pembelian, biasanya beli setelah kg sekarang seperempat saja. Karena kan harus beli keperluan yang lainnya juga," sebutnya. 

Kondisi yang sama juga terjadi Pasar Rumbai Pesiriri. Di mana harga cabai merah meningkat jika dibandingkan akhir tahun lalu, yang mencapai Rp46 ribu 48 ribu. Bahkan kondisi cabai yang sedikit kurang baik mutunya dijual oleh pedagang Rp44 ribu.

"Sekarang sudah naik, kami pun tak tau apa sebabnya naik. Yang penting kita jual sesuai harga kita beli dari pemasoknya. Kalau ada stok yang yang kita beli dengan harga di bawah Rp40 ribu maka akan kami jual diharga yang sama, kalau belinya hari itu mahal tentu kita jualnya mahal juga," ucap Ani, salah seorang pedagang di Pasar Rumbai Pesisir.

Ia menyebutkan, memang sejak musim penghujan ini harga cabai merah agak naik. Apakah dipengaruhi panen atau karena terjadi bencana alam di daerah pemasoknya.(sol)

 

 




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-09.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com