Pemprov Terima Usulan Beasiswa

Pekanbaru | Jumat, 07 Februari 2020 - 08:16 WIB

Pemprov Terima Usulan Beasiswa
Masrul Kasmy

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra), tahun ini kembali menerima usulan beasiswa untuk mahasiswa. Beasiswa tersebut dikhususkan untuk mahasiswa yang kurang mampu.

Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah  Riau, Masrul Kasmy mengatakan, untuk pola penyaluran dana beasiswa tahun ini, pihaknya akan mengundang para rektor universitas yang ada di Riau pada Senin (10/2) pekan depan.

"Jadi akan kami bahas bersama rektor universitas di Riau mengenai pola penyaluran dana beasiswa tahun ini. Karena kemungkinan berbeda dengan tahun sebelumnya," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pola penyaluran beasiswa tahun diberikan dalam bentuk bantuan penelitian. Sedangkan pada tahun lalu, bantuan diberikan untuk dana SPP mahasiswa.

"Jadi bantuannya bisa berupa untuk penelitian penyusunan skripsi, tesis atau juga bantuan untuk biaya perkuliahan. Kalau tahun lalu kan diprioritaskan untuk SPP," jelasnya.

Nanti berapa usulan bantuan beasiswa yang masuk, demikian Masrul, bersama dengan pihak universitas pihaknya akan memverifikasi usulan itu. Yang terverifikasi itulah yang akan mendapatkan bantuan beasiswa.

"Namun untuk penyalurannya pada tahun 2021 mendatang. Sama seperti dana beasiswa tahun 2019 yang baru disalurkan pada tahun 2020 ini," sebutnya.

Masrul menjelaskan,  bantuan beasiswa dari Pemprov Riau melalui Biro Kesra tersebut dikhususkan untuk mahasiswa kurang mampu. Berbeda dengan beasiswa dari Dinas Pendidikan Riau yang mengendepankan prestasi.

"Kalau dari Dinas Pendidikan itu dilihat dari prestasi, kalau kami tidak. Walaupun hanya 2 IPK nya, namun dia terverifikasi mahasiswa kurang mampu maka dibantu. Tapi yang sudah dapat bantuan dari Dinas Pendidikan, maka tidak bisa lagi dapat bantuan dari Kesra," katanya.

Untuk diketahui, pada tahun ini, Pemprov Riau menganggarkan dana Rp4,8 miliar untuk beasiswa S1 sebanyak 1.325 mahasiswa yang merupakan usulan tahun 2019. Selain untuk S1, Pemprov Riau juga menganggarkan beasiswa untuk mahasiswa D3 sebesar Rp476 juta.(sol)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com