PENYELIDIKAN DUGAAN KORUPSI DI PEMKAB SIAK

Yan Prana Dimintai Keterangan Delapan Jam

Pekanbaru | Selasa, 07 Juli 2020 - 09:44 WIB

Yan Prana Dimintai Keterangan Delapan Jam
Yan Prana Jaya Indra Rasyid

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Yan Prana Jaya Indra Rasyid selama delapan jam berada di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, kemarin (6/7). Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau itu dimintai keterangannya terkait perkara dugaan korupsi yang tengah diusut Korps Adhyaksa.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Siak  itu tiba di kantor Jalan Jenderal Sudirman sekitar pukul 08.30 WIB. Yan Prana yang nampak mengenakan baju kemeja warna putih, langsung menuju Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk dilakukan pendataan.

Selanjutnya, Yan Prana menuju ruang pidana khusus (pidsus) yang berada di lantai 5 kantor Kejati Riau untuk memenuhi undangan penyelidik. Proses permintaan keterangan terhadap Yan Prana berjalan beberapa jam lamanya, hingga ia diketahui meninggalkan kantor Korps Adhyaksa Riau menggunakan mobil Toyota Fortuner sekitar pukul 17.00 WIB.


Asisten Pidsus Kejati Riau Hilman Azazi dikonfirmasi tak menampiknya. Diakui Hilman, pihaknya melakukan pemangggilan terhadap para pejabat yang sebelumnya menjabat di Kabupaten Siak.

"Iya, kami melakukan pemanggilan terhadap Kepala BPKAD (BKD, red) Siak, dan Kepala Bappeda (yang menjabat) tahun sekian-sekian," ungkap Hilman.

Para pejabat itu, sebut Hilman, dimintai keterangan dalam pengusutan sejumlah dugaan rasuah yang terjadi di Kota Istana. Yang mana, kasus dugaan penyimpangan itu terjadi di tiga organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Siak.

"Perkara ini terkait (dugaan korupsi) biaya-biaya operasional kantor," sebut mantan Kajari Ponorogo.

Lebih lanjut dikatakan Aspidsus, pihaknya telah melakukan pemeriksan secara maraton sejak beberapa hari lalu. Setidaknya, ada lima pejabat di Siak yang telah dimintai keterangan. Namun, ditegaskannya, perkara yang ditangani Korps Adhyaksa Riau itu merupakan dugaan korupsi di Kabupaten Siak, bukan di lingkungan Pemprov Riau.

"Ada lebih dari lima orang (yang telah dipanggil) terkait dugaan tipikor di Siak, bukan provinsi. Kalau yang terlibat orang (pejabat, red) di Provinsi (Riau), urusan nantilah," jelas Hilman.

Selain Yan Prana, Bidang Pidsus Kejati Riau melakukan pemanggilan terhadap pejabat lainnya yakni Andi Darmawan. Yang bersangkutan diketahui selaku pegawai di Bidang Penelitiaan dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Siak.  Untuk diketahui, sebelumnya jaksa penyelidik telah mengundang Kepala Badan (Kaban) Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil Riau, Yurnalis, Kamis (2/7) lalu. Saat itu, dia selaku mantan Kepala Bagian (Kabag) Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Siak.

Yan Prana saat dikonfirmasi perihal dipanggilnya ia di Kejati Riau tidak memberikan jawaban. Begitu juga saat dikirimkan pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp. Termasuk Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan catatan sipil Riau Yurnalis yang juga sudah diperiksa sebelumnya juga ketika dikonfirmasi tidak memberikan jawaban.

Terkait persoalan di atas, pengamat pemerintahan Riau, Tito Handoko mengatakan, clear and clean government harus menjadi prhatian serius Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar. Bahkan sebelum seorang birokrat dilantik dalam jabatan, oleh sebab itu penelitian rekam jejak perlu dilakukan.

"Terkait dengan pemanggilan dua pejabat tinggi di Pemprov, perlu penjelasan lebih lanjut oleh Gubernur apakah mekanisme pelacakan rekam jejak sudah berjalan dengan baik," katanya.

Gubri menurut Tito, tidak akan dapat berbuat banyak sebelum kedua pejabat itu clear status hukumnya. Pun demikian aturan tentang mutasi jabatan juga sangat ketat.

"Catatan pentingnya ialah proses rekrutmen pejabat publik belum memperhatikan aspek transparansi dan mekanisme penerimaan tanggapan publik juga tidak berjalan dengan baik," sebutnya.(rir/sol)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-09.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com