Perlu Biaya Besar Atasi Banjir

Pekanbaru | Kamis, 07 Juli 2022 - 09:58 WIB

Perlu Biaya Besar Atasi Banjir
Anggota DPRD Kota Pekanbaru Roni Pasla (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Penanganan masalah banjir di Kota Pekanbaru harus mendapat dukungan semua pihak. Apalagi, berdasarkan masterplan penanganan banjir yang sudah ada, perlu biaya besar untuk bisa mengatasi banjir.

"Dalam masterplan penanganan banjir Kota Pekanbaru terdapat lebih dari 300 titik banjir tersebar di 15 kecamatan. Dari sekian banyak titik banjir tersebut, pastinya ada yang menjadi tanggung jawab Balai Wilayah Sungai (BWS), PU Pusat, PU Provinsi, maupun PU Kota. Mereka semua harus saling berkoordinasi dan saling support," kata anggota DPRD Kota Pekanbaru Roni Pasla kepada wartawan, Rabu (6/7).

Yamaha Alfa Scorpii

Diakui politisi PAN ini, untuk mengatasi masalah banjir memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. "Ini perlu biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan titik banjir. Pada 2020 saat masterplan ini diselesaikan, perkiraan anggaran mencapai Rp500 miliar. Namun kalau dianggarkan untuk pelaksanaan tidak memadai pula," paparnya.

Disampaikannya, solusi penanganan banjir ini sudah sering disampaikan kepada Pemko Pekanbaru melalui OPD terkait, namun juga perlu dukungan dari semua pihak. "Karena memang kita (Pemko Pekanbaru, red) ada keterbatasan anggaran dalam APBD. Tahun ini kita menganggarkan Rp20 miliar lebih untuk mengurai titik banjir. Tentu dengan keterbatasan anggaran yang kita punya akan memperpanjang masa penyelesaian banjir ini. Bahkan bisa mencapai 10 sampai 15 tahun. Apalagi jika muncul titik banjir baru yang diakibatkan dampak pembangunan," jelasnya panjang lebar.

Namun diyakininya, penyelesaiannya bisa dipersingkat. "Kalau kita dapat bantuan dari pihak pusat dan provinsi. Apalagi kalau kita lihat silpa yang cukup besar APBD Provinsi 2021 dapat dimanfaatkan untuk membantu kota menyelesaikan banjir dan jalan berlubang," ujarnya lagi.

Disampaikannya lagi, pihaknya juga meminta pemko harus mampu berkoordinasi dengan pemprov dan kementrian. "Termasuk anggota DPRD Provinsi Riau dapil Kota Pekanbaru tentu tidak akan tinggal diam dalam hal ini. Kami percaya mereka mampu membawa anggaran pemprov untuk membantu warga Kota Pekanbaru," katanya.


Terhadap kinerja Pj Wako saat ini? Roni mengatakan sudah menampakkan hasil dan action dilapangan. "Kinerjanya sudah sangat baik. Kan bisa kita lihat dari pengerukan sungai dan memperlancar drainase banyak titik banjir. Bahkan sampai hari ini kita bisa lihat pasukan kuning PU Kota Pekanbaru di sepanjang jalan, seperti Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Tobek Godang terus berjibaku membersihkan parit. Ini kita apresiasi," ungkapnya.

Untuk itu, diharapkan action ini tidak sesaat ini saja. "Dukungan masyarakat juga sangat kita harapkan dengan cara lebih peduli lingkungan sendiri, terutama menggalakkan gotong-royong," tuturnya.(yls)

Laporan AGUSTIAR, Kota

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-12.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com