Karhutla di Tiga Daerah Sudah Padam

Pekanbaru | Rabu, 08 Januari 2020 - 09:51 WIB

Karhutla di Tiga Daerah Sudah Padam
PENDINGINAN: Personel gabungan TNI, Polri bersama BPBD Bengkalis, PT SRL, PT Priatama, dan Damkar Bengkalis melakukan pendinginan pada lahan terbakar di Kecamatan Rupat, Bengkalis, Selasa (7/1/2020). (Polres Bengkalis For Riau Pos)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah menghanguskan belasan hektare lahan di Provinsi Riau pada pekan pertama Januari. Namun, kobaran api di atas permukaan lahan gambut telah berhasil dipadamkan. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger kepada Riau Pos, Selasa (7/1) petang. Dikatakan Edwar, pihaknya telah melakukan penanganan secara baik terhadap kebakaran lahan tersebut. 

"Kebakaran lahan itu sudah ditangani BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni dan instansi setempat. Api sudah padam," ungkap Edwar Sanger. 

Pada awal tahun ini, diakui mantan Penjabat Wali Kota Pekanbaru itu, karhutla telah terjadi di beberapa kabupaten/kota di Bumi Lancang Kuning. Kebakaran itu di Kabupaten Siak pada dua lokasi berbeda. Yakni Kecamatan Dayun dan Kecamatan Kandis. Kemudian di Jalan Karya Baru, RT 21 Kelurahan Lubuk Gaung, Kota Dumai serta di Desa Padekik, Kabupaten Bengkalis. Dampaknya, telah menghanguskan belasan hektare lahan gambut. 

"Di Siak, Bengkalis dan Dumai, api sudah padam. Saat ini masih dalam proses pendinginan. Para personel juga telah disiagakan dengan peralatan lengkap untuk mengantisipasinya," katanya. 

Terhadap kebakaran lahan yang telah terjadi, kata Edwar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus melakukan pemantauan serta memberikan arahan dalam penanganannya. Namun, untuk memberikan bantuan belum bisa dilakukan lantaran belum ditetapkannya siaga darurat karhutla tingkat provinsi. 

"Belum ditetapkan siaga darurat, jadi kita hanya melakukan pemantauan dan memberikan arahan. Kalau sudah ditetapkan siaga baru kita lakukan pendampingan," ujar Edwar. (rir/bay/dof)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com