Portal di Jembatan Siak 1 Kembali Dipasang

Pekanbaru | Selasa, 08 Maret 2022 - 11:09 WIB

Portal di Jembatan Siak 1 Kembali Dipasang
Portal pembatas kendaraan melintas sudah kembali terpasang di Jembatan Siak I, Jalan Yos Sudarso, Senin (7/3/2022). Sebelumnya portal ini sempat dilepas karena adanya kerusakan pada bagian portal. (EVAN GUNANZAR/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Setelah sempat dibongkar untuk dilakukan perbaikan, kini, portal yang ada di Jembatan Siak I, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Senapelan mulai dipasang kembali.

Pantauan Riau Pos, Senin (7/3) tampak portal besi berwarna hitam kuning tersebut sudah kembali dipasang oleh petugas terkait. Setelah sebelumnya dilakukan perbaikan akibat besi penyanggah portal yang mengalami kerusakan dan mulai keropos.

Yamaha Alfa Scorpii

Salah seorang warga sekitar bernama Irwan mengaku kerusakan yang terjadi pada portal Jembatan Siak 1 tersebut sudah berlangsung lama. Dan pada akhir pekan lalu kondisinya sudah sangat membahayakan masyarakat dan pengendara yang melintas karena hanya sebagian portal saja yang terpasamh dengan sempurna di tiang yang ada.

Namun, kini portal jembatan tersebut sudah kembali dipasang oleh petugas terkait setelah beberapa hari sebelumnya dilakukan penurunan dan perbaikan.

M Paspor
Iklan

"Pemasangannya itu Subuh. Ada beberapa orang petugas yang sengaja menutup jalan untuk melakukan perbaikan dan pemasangan terhadap protal yang rusak," kata dia.

Dijelaskan Irwan, para petugas yang melakukan perbaikan datang dengan menggunakan mobil bak terbuka serta membawa sejumlah peralatan pendukung untuk memasang besi portal Jembatan Siak 1 tersebut.


"Senang karena sudah dipasang lagi. Karena kalau dibiarkan begitu saja nanti portalnya bisa jatuh dan malah menimpa masyarakat atau pengendara yang melintas," ucapnya.

Hal yang serupa juga dirasakan oleh salah seorang pengendara Defi. Menurutnya pemasangan portal dikawasan jembatan tersebut sudah sangat tepat melihat saat ini kondisi Jembatan Siak 1 yang tidak mampu menopang beban kendaraan bermuatan besar untuk melintas di atasnya.

Tak hanya itu saja. Dirinya juga berhasil bukan hanya portal jembatan saja yang diperhatikan oleh pemerintah Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau. Tetapi juga kualitas jembatan yang ada juga perlu diperhatikan, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Mungkin harus ada peremajaan. Karena kalau lewat Jembatan Siak 1 dan Jembatan Siak 3 itu kondisinya harus ada perbaikan secara menyeluruh melihat badan jembatan yang sudah mulai melengkung ke bawah," tegasnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Riau Pos, Pelakasana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR PKPP Riau SF Hariyanto melalui Kepala Bidang Bina Marga Arif Setiawan mengatakan, portal pada Jembatan Siak I tersebut dipasang pada Ahad (6/3) malam lalu. Setelah sebelumnya dilakukan perbaikan karena kondisi portal yang mengalami kerusakan.

"Setelah kemarin dilepas, tadi malam portalnya sudah kembali dipasang," kata Arif.

Dengan demikian, maka masyarakat tidak perlu lagu khawatir untuk melintasi Jembatan Siak I. Pasalnya, portal yang sebelumnya mengalami kerusakan sudah diperbaiki.

"Masyarakat yang mau melintas tidak perlu khawatir lagi, sekarang portalnya sudah diperbaiki," ujarnya.

Untuk diketahui, Dinas PUPR-PKPP Riau melepas sementara potral pada jembatan Siak I di Pekanbaru, Sabtu (5/3/2022). Pelepasan portal tersebut dilalukan setelah ada laporan beberapa baut pada portal tersebut megalami kerusakan.

"Ada baut yang terlepas pada portal, sehingga portal tampak terbuka dari tiang peyangga utamanya," kata Arif.

Agar kondisi tersebut tidak membahayakan pengendara yang melintas, pihkanya langsung mengambil tindakan dengan cara melepas portal tersebut untuk dilakukan perbaikan.

"Agar masyarakat tidak khawatir saat melintas di Jembatan Siak I, saat ini portalnya sudah dilepas untuk dilakukan perbaikan," ujarnya.(ayi/sol)

 



DPRD SIAK



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Daihatsu Sigra

DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com