DAMPAK COVID-19

MTQ Online di Masa Pandemi

Pekanbaru | Sabtu, 08 Agustus 2020 - 11:00 WIB

MTQ Online di Masa Pandemi
Para juri MTQ online yang digelar Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah dan Hafizh-Hafizhah (IPQAH) Provinsi Riau saat berada di studio RRI Pekanbaru, belum lama ini.(IPQAH RIAU FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Masa pandemi tidak menjadi kendala untuk melakukan aktivitas dengan hal-hal positif. Seperti yang diterapkan Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah dan Hafizh-Hafizhah (DPW IPQAH) Provinsi Riau menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) online di Pekanbaru.


Salah satu semangat yang mendasari hal tersebut adalah demi meningkatkan syi’ar agama Islam di Provinsi Riau, terutama dalam pengamalan nilai-nilai kitab suci Alquran. Kegiatan dilaksanakan bersinergi dengan Radio RRI Pekanbaru mengadakan MTQ online yang diikuti oleh qari-qariah terbaik yang ada di Provinsi Riau.

Disampaikan oleh Ketua Umum DPW IPQAH Provinsi Riau Drs H Yuhendri Tarmizi, pelaksanaaan MTQ online ini dilaksanakan tidak terlepas dari adanya pandemi Covid-19. Dimana yang seharusnya direncanakan MTQ dilaksanakan secara langsung, namun dikarenakan ada pandemi Covid-19 maka kegiatan dilaksanakan secara online yang dilaksanakan selama 6 hari yang dilaksanakan setiap Sabtu dimulai dari 11 Juli 2020 dan akan berakhir pada 22 Agustus 2020. “Adapun konsep MTQ online yang ditaja oleh DPW IPQAH Provinsi Riau ini di mana para dewan juri yang terdiri dari tiga orang melakukan siaran secara langsung di studio RRI Pekanbaru. Sedangkan para peserta melakukan live secara langsung dengan aplikasi zoom meeting serta dapat disaksikan melalui Youtube RRI Pekanbaru,” paparnya.

Sementara itu, Ustadz Zamri MSy sebagai dewan hakim yang memberikan penilaian kepada para peserta MTQ online ini mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan ini memang para pesertanya merupakan para qari dan qariah yang selama ini telah dibimbing melalui pelatihan tilawah Alquran oleh DPW IPQAH Provinsi Riau. Para peserta juga pernah ikut ajang MTQ, baik tingkat kabupaten dan Kota sampai ke tingkat nasional.

"Jadi dalam proses penilaiannya memang agak sulit sebab mereka ini memang orang-orang terbaik dalam seni membaca Alquran. Namun karena yang namanya perlombaan tentu harus ada yang terbaik dari yang terbaik," tuturnya.(rio)

 





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com