Pagi Ini, 13 Hotspot Terdeteksi Muncul di Riau

Pekanbaru | Selasa, 08 Oktober 2019 - 09:08 WIB

 Pagi Ini, 13 Hotspot Terdeteksi Muncul di Riau
Kasi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru Marjuki.(foto/dok riaupos.co)
PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Sebanyak 13 titik panas (hotspot) terpantau pagi ini (8/10) di Provinsi Riau. Akibat Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sebabkan jarak pandang menjadi terbatas.

Seperti disebutkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, jarak padang di empat kabupaten dan kota se Riau berkisar antara tiga sampai dengan lima kilometer disertai adanya kekaburan udara.

"Rengat dan Pelalawan jarak pandang lima Km, Dumai empat Km. Sedangkan Pekanbaru pagi ini jarak pandang hanya 3 Km," jelas  Kasi Data dan Informasi  BMKG Marjuki.

Dari data BMKG, diketahui hotspot se Sumatera dilevel konfiden diatas 50 persen ada 101 titik.  Terbanyak berada di Sumber 43 titik, Jambi 28 titik, Riau 12 titik, Sumbar 10 titik serta Bengkulu dan Lampung empat titik. Sementara Riau berada diurutan ketiga hotspot terbanyak pada pukul 06.00 WIB.

"12 titik di Riau tersebar di Inhu sembilan titik dan satu titik berada di Bengkalis, Kampar dan Kuansing. Untuk level konfiden diatas 70 persen atau diduga merupakan fire spot (titik api)  ada di Inhu enam titik, Bengkalis dan Kampar satu titik," jelasnya.

Kondisi cuaca cerah berawan hingga malam hari. Potensi hujan ringan hingga sedang bersifat lokal berpeluang menguyur sebagian wilayah Riau. Pagi ini diperkirakan sebagian wilayah Bengkalis, Meranti, Rohil, Dumai dan Inhil turun hujan.

"Dipredikasi pada siang hari hujan akan menguyur wilayah Inhil, Meranti, Rohil dan Rohul.  Malam hari potensi hujan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi di hampir sebagian besar wilayah Riau," tutupnya. (*1)

Laporan Muslim Nurdin
Editor: Deslina







Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com