Dewan di Pekanbaru Ini Dukung Kelompok Tani Swasembada Sayur

Pekanbaru | Kamis, 09 Juli 2020 - 14:44 WIB

Dewan di Pekanbaru Ini Dukung Kelompok Tani Swasembada Sayur
Penanaman bibit sayur oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama didampingi Ketum Fraksi PDIP DPRD Kota Pekanbaru Dapot Sinaga di areal pastoran, Palas beberapa hari lalu.(AGUSTIAR/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Kebutuhan sayur mayur untuk masyarakat kota Pekanbaru sampai saat ini masih mengandalkan pasokan dari luar Pekanbaru. Agar tidak lagi bergantung pada daerah lain, anggota DPRD Kota Pekanbaru memberikan dukungan kepada kelompok tani Pekanbaru untuk dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk berswasembada sayur.

Kelompok Tani Lamganda kelurahan Palas Pastoran Kecamatan Rumbai mendapatkan dukungan semangat dari dewan Pekanbaru itu, dan hadir langsung pada agenda penanaman perdana bibit sayuran di areal Palas Pastoran, Kelurahan Palas, Kecamatan Rumbai, akhir pekan lalu bersama kelompok tani binaan Dapot Sinaga ini.  

Kepada Riaupos.co, Rabu (8/7/2020) Dapot mengatakan, dari 16 kelompok tani binaanya, dan salah satunya adalah kelompok tani Lamganda yang bermarkas di kelurahan Palas Pastoran, Rumbai, agenda kemarin disebutkannya, adalah penanaman bibit sayur ini, sekaligus memberikan support agar para kelompok tani tetap semangat untuk swasembada sayur, karena dari sini dipastikan bisa untuk menambah income petani itu sendiri.  

“Tentu kita berikan support kepada para kelompok tani yang saya bina ini,khusus untuk Kecamatan Rumbai dan Rumbai pesisir” papar Dapot menjelaskan.


Dalam agenda ini, disampaikan Dapot, dirinya melibatkan juga koleganya yang saat ini menjadi salah satu politisi milineal Ginda Burnama. Disebutkannya juga, kegiatan ini juga menggandeng anggota DPR RI Efendi Sianipar untuk bantuan APBN, dengan sudah membantu unit traktor, bibit-bibit sayur, ikan juga, dan lain lainnya. 

‘’Namun untuk kegiatan kemarin masih dari kantong saya pribadi. Makanya kedepan saya berharap bisa melihat kelompok tani binaan saya ini bisa lebih maju,” jelas Dapot yang saat ini duduk di Komisi II.

Ia berharap, agar kedepan dapat bersinergi aktif dalam memberikan dukungan kepada para kelompok tani.

‘’Semoga dari APBD Kota Pekanbaru juga dapat membantu,’’ tutup Dapot.

Sementara itu Ginda mengatakan, dirinya sangat apresiatif dengan kelompok tani binaan Dapot ini. Tentu selain untuk komsumsi sendiri, juga diharapkan dapat mensupport kebutuhan sayur masyarakat Pekanbaru.

‘’Dengan adanya kelompok tani ini, mari kita perkuat dan tingkatkan dalam swasembada, kita tingkatkan gairah ekonomi petani,’’ ungkap politisi termuda untuk Pekanbaru ini.

Ditegaskannya, melihat kondisi saat ini Pekanbaru sudah harus bisa dan mampu untuk kelola pertanian, dan OPD terkait tentu harus peduli untuk melihat peluang ini.

‘’Tidak harus dari luar kota terus, Pekanbaru bisa mensupport juga dalam menjalankan kelompok-kelompok tani ini untuk lebih produktif, dan optimis bisa,’’ kata Ginda.

Sementara itu, Ketua kelompok Tani Lamganda, Lamtiur Tamba juga mengapresiasi dukungan dari anggota Dewan Kota Pekanbaru ini. 

”Terima kasih support dan bantuan serta perhartiannya, kami ibu-ibu kelompok tani jadi semangat, semoga sayuran yang kami tanam bisa berhasil agar mampu meningkatkan perekonomian kita semua,”kata Tamba.

Laporan: Agustiar (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com