Pers Harus Mampu Berinovasi dan Kolaborasi

Pekanbaru | Sabtu, 10 April 2021 - 11:02 WIB

Pers Harus Mampu Berinovasi dan Kolaborasi
Sekjen SPS Pusat Asmono Wikan saat melantik pengurus SPS Cabang Riau periode 2021-2025 di Gedung Daerah Riau, Jumat (9/4/2021). (DISKOMINFOTIK RIAU FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Pengurus Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau masa bakti 2021-2025 resmi dilantik oleh Sekjen SPS Pusat Asmono Wikan, Jumat (9/4). Dalam pelantikan tersebut juga hadir Gubernur Riau H  Syamsuar.

Ketua SPS Cabang Riau Khairul Amri mengatakan, dahulu SPS adalah Serikat Penerbit Suratkabar. Dengan demikian, saat ini di SPS berhimpun para pimpinan media baik cetak, elektronik ataupun online.


"Kalau dahulu yang tergabung di SPS adalah media cetak saja, hari ini sudah bergabung baik cetak maupun elektronik. Namun memang lebih banyak yang media online," katanya.

Dikatakannya, di tengah kondisi perkembangan teknologi saat ini, SPS hadir dan tetap optimis bagaimanapun kondisinya harus tetap kreatif untuk mengembangkan pers. Apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Bagaimanapun kondisinya, kreativitas tidak boleh mati. Selain itu juga tentunya harus mendapatkan dukungan dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di Riau. Kalau begitu, In sha Allah pers Riau akan maju," ujarnya. Sementara itu, Sekjen SPS Pusat Asmono Wikan mengatakan, di tengah kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini, hampir semua perusahaan pers menghadapi kesulitan. Namun tentunya masih ada cara-cara yang bisa ditempuh agar bisa keluar dari kesulitan tersebut.

"Saat ini semua kita menghadapi kesulitan, untuk itu kolaborasi dan inovasi harus dilakukan. Kita media harus berinovasi, bersama pemangku kepentingan, baik pusat dan daerah," ujarnya.

Meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi, namun Asmono tetap meminta pers terus menjalankan fungsi utamanya. Dimana ada empat fungsi utama pers, yakni menyebarkan informasi, mendidik, kontrol sosial dan hiburan. "Fungsi pers harus tetap dijalankan, terutama kontrol sosial," pintanya.

Gubernur Riau H Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, dengan pelantikan pengurus SPS Cabang Riau ini bisa dijadikan momen untuk membangun dunia pers yang semakin profesional. Apalagi saat ini di era perkembangan teknologi, harus bergerak dan menciptakan inovasi yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

"Bangun informasi yang bernas, pers akan selalu jadi mitra pemerintah daerah hingga pusat. Selamat sukses ketua dan seluruh pengurus, kami harapkan dapat terus  mengabdi untuk daerah dan negara," katanya.(sol)

 


Bank BJB

Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menghidupkan Masjid di Bulan Ramadan
Mubarak (Rektor Universitas Muhammadiyah Riau)

Menghidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Kamis, 06 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  6 mei.jpg

telatah ramadan

Jinjeng Ghantang

Kamis, 06 Mei 2021
Jinjeng Ghantang




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com