Bertemu Menteri Melaka, Gubri Bahas Kerja Sama Industri Wisata

Pekanbaru | Jumat, 10 Juni 2022 - 08:00 WIB

Bertemu Menteri Melaka, Gubri Bahas Kerja Sama Industri Wisata
Gubernur Riau H Syamsuar (kiri) saat menerima kunjungan Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman di kediaman Gubri, Kamis (9/6/2022). (DISKOMINFOTIK RIAU)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Gubernur Riau (Gubril) H Syamsuar menerima kunjungan silaturahmi Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman dan rombongan di kediaman Gubernur Riau, Kamis (9/6/2022). Pertemuan tersebut dilakukan untuk membahas kerja sama antarkedua daerah.

Menteri Pelancongan, Warisan, dan Kebudayaan Negeri Melaka Dato Muhammad Jailani bin Khamis mengungkapkan, pertemuan tersebut juga dalam rangka mengaktifkan kembali sinergi yang telah terjalin untuk melanjutkan industri wisata antara Riau dan Melaka.

Yamaha Alfa Scorpii

"Kami ingin galakkan lagi industri wisata antara Riau dan Melaka. Hubungan antara Riau dan Melaka ini bukan dari ekonomi, sosial saja tetapi, hubungan Riau dan Melaka ini seperti satu keluarga Melayu," ungkap Jailani.

Pihaknya juga meminta Bandara Sultan Syarif Kasim di Pekanbaru dibuka segera supaya adanya pesawat dari Melaka ke Riau. Karena sejak pandemi Covid-19, bandara ditutup untuk penerbangan internasional.

"Di waktu yang bersamaan untuk penyeberangan kita rencanakan pula perjalanan untuk Ro-Ro Dumai-Melaka ini dipercepat. Jika Riau bersedia tahun 2024 Melaka juga harus berserdia dan seiring berjalan," pintanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam percepatan pelaksanaan Ro-Ro Dumai-Melaka, pihaknya dan Gubernur Riau telah menye­tujui untuk dibentuknya panitia.


"Telah ada persetujuan agar satu panitia untuk pe­laksanaan percepatan Roro Dumai-Melaka dan in sya Allah satu bulan ke depan akan dibentuk orangnya siapa-siapa saja," kata Jailani.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan terima kasih kepada Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman dan rombongan yang telah berkunjung untuk menjaga silaturahmi kedua negara ini.

"Mudah-mudahan kerja sama antar negera ini terus berjalan juga semoga apa yang kita harapkan untuk Roro Dumai -Melaka ini bisa terwujud dengan baik," ucapnya.

Gubri menjelaskan, investasi Riau rangking 5 di luar Pulau Jawa dan akan terus menjaga dengan baik juga meningkatkan investasi di Riau ini.

"Semoga juga dipermudah setiap yang diusahakan, baik dari Riau dan Melaka. Untuk itu kami senantiasa menjaga investasi di Riau agar dapat mendorong pandemi Covid-19 menjadi endemi dan dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat," jelas Syamsuar.

Turut hadir mendampingi Gubri dalam pertemuan dan silaturahmi tersebut Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rahmat, Kepala Dinas Perhubungan Riau Andi Yanto, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Emri Juli Harnis dan Kepala Biro Adpim Riau Aryadi.(ade)

Laporan soleh saputra, Pekanbaru








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Pekanbaru

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  10-Aguss.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com