Sarankan Pustaka Soeman HS Jadi Wisata Baca

Pekanbaru | Jumat, 10 Juni 2022 - 08:39 WIB

Sarankan Pustaka Soeman HS Jadi Wisata Baca
ZULKIFLI INDRA (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - DPRD Riau telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Pustaka. Salah satu yang menjadi usulan dewan, adalah perihal pemanfaatan Pustaka Soeman HS yang berada di pusat Kota Pekanbaru.

Setakat ini, dewan menyarankan agar pustaka megah tersebut dijadikan lokasi wisata baca.

Yamaha Alfa Scorpii

Hal itu sebagaimana dikemukakan Ketua Pansus Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan DPRD Riau Zulkifli Indra kepada Riau Pos, Kamis (9/6). Dikatakannya, saat ini, pansus sedang menggesa penyelesaian regulasi perpustakaan agar dapat segera diselesaikan.

"Kalau kita lihat perpustakaan sekarang ini kan hidup segan mati tak mau. Apalagi anggaran OPD-nya kecil. Bagaimana kinerja OPD-nya bisa meningkat. Ini juga nantinya sejalan dengan peningkatan literasi. Jadi ada payung hukum yang mengaturnya," ujar Zulkifli.

Ia melanjutkan, adapun tujuan rancangan perda dimaksud juga dapat mendorong lahirnya perpustakan wisata. Konsep ini dinilai tepat untuk mendorong permanfataan perpustakaan sebagai tempat yang membaca nyaman untuk pengunjung. Sehingga pengunjung bisa berwisata sambil membaca buku kesukaan.

"Kita juga mendorong agar perustakaan dijadikan objek wisata yang nyaman bagi pengunjung. Kapan perlu dijadikan tempat rekreasi keluarga, nah, perpustakaan Soeman HS kita dorong untuk dioptimalkan menjadi perpustakaan wisata," sambungnya.


Tak sampai di situ, kehadiran payung hukum ini nantinya, juga untuk menggenjot daya baca masyarakat atau nilai literasi tentang kebudayaan dan sejarah Provinsi Riau. Karena sejauh ini, informasi mengenai hal itu masih minim disampaikan kepada masyarakat luas.

"Kita berharap literasi tentang sejarah Riau ini diinformasikan, diperbanyak bukunya. Agar tidak minim pengetahuan kita tentang Riau ini," pintanya.

Ia berharap agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, dapat menarik minat baca masyarakat melalui program dan kegiatan yang kreatif dan inovatif di perpustakaan sehingga mendatangkan banyak pengunjung.

"Kemarin kan Kepala OPDnya itu yang baru, kita lihat program-program yang mereka kerjakan itu sudah cukup bagus. Dan mereka juga bersinergi dengan OPD lain untuk membuat kegiatan," pungkasnya.(nda)








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Simpedes II PKU

TERBARU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-15.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com