BI Buka Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil

Pekanbaru | Selasa, 10 Desember 2019 - 09:30 WIB

BI Buka Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil
TUKAR UANG: Warga melakukan penukaran uang di halaman Kantor Bank Indonesia Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (9/12/2019). BI akan membuka layanan ini hingga 13 Desember. (EVAN GUNANZAR/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO)  -- Jelang Natal dan Tahun Baru 2020, Bank Indonesia (BI) Riau bersama perbankan membuka pelayanan penukaran uang pecahan kecil. Berlangsung 9-13 Desember di Kantor BI Provinsi Riau,  Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan BI Jonataruli menuturkan,  seluruh perbankan di Kota Pekanbaru turut berpartisipasi. Setiap harinya akan ada tujuh bank yang secara bergantian memberikan layanan penukaran kepada masyarakat. “Buka mulai jam 9-12 siang,” kata Jonataruli, Senin (9/12).

Jonataruli mengatakan, BI mengajak masyarakat Kota Pekanbaru datang dan melakukan penukaran uang pecahan kecil sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. “Kenali keaslian uang rupiah. Kami juga mengajak masyarakat melakukan penukaran uang pecahan kecil di kantor-kantor bank terdekat yang ada,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Jonataruli menjelaskan tujuan layanan penukaran uang pecahan kecil oleh Bank Indonesia dan perbankan adalah menarik uang tidak laik edar dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan kecil untuk kebutuhan transaksi sehari-hari. 

"Tidak hanya BI, namun perbankan sebagai lembaga intermediasi juga harus memberikan layanan penukaran uang pecahan kecil yang masih laik edar kepada masyarakat, baik di kantor bank maupun dalam kegiatan kas bank yang mobile. Layanan ini diberikan secara cuma-cuma," sambungnya. 

Menurut BI, uang rupiah merupakan salah satu simbol negara. Karenanya diminta kepada masyarakat merawat uang dengan baik melalui metode jangan dilipat, jangan diremas, jangan dicoret, jangan distapler, dan jangan dibasahi.(* 2)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com