Festival Kopi Nasional, Dorong UMKM Berstandar SNI

Pekanbaru | Kamis, 12 Maret 2020 - 10:43 WIB

Festival Kopi Nasional, Dorong UMKM Berstandar SNI
Talk show: Sempena Hari Kopi Nasional, Badan Standarisasi Nasional (BSN) Wilayah Riau menggelar talk show di UKM Hub Kafe Tiktok, Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Rabu (11/3/2020). (*1/MIRSHAL/Riau Pos)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Puluhan pegiat usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Pekanbaru, antusias mengikuti Festival Kopi Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam rangka Hari Kopi Nasional, yang ditaja oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) Riau, di UKM Hub (Kafe Tiktok) Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Rabu (11/3).

Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Riau, Daya Aruna Bratajaya menjelaskan, kegiatan ini untuk memperingati Hari Kopi Nasional. Sempena itu juga, pihaknya mendorong pelaku UMKM di bumi Melayu tersebut agar produknya berstandar SNI.


"Kenapa harus SNI? Karena dengan SNI setidaknya UMKM kita punya nilai tambah. Konsumen sekarang sudah cerdas, bukan cuma harga yang dilihat, tapi kualitas. Penerapan SNI sendiri yaitu untuk penerapan kualitas. Penerapannya sukarela, boleh iya boleh tidak. Tapi kalau miliki SNI, tentu lebih baik," ujar Daya Aruna, dalam talk show tersebut.

Dia menjelaskan, dengan standarisasi SNI tentunya membuat mutu barang tersebut menjadi meningkat, terutama bagi pelaku UMKM. Sedangkan dalam pengurusan SNI, persyaratan yang paling mendasar adalah legalitas usaha. Khusus produk pangan, paling tidak adalah merk dan nomor registrasi.  "Dengan itu maka bisa diurus untuk standarisasi SNI-nya," ujarnya.

Selain itu, dalam talk show itu juga hadir beberapa usahawan yang sukses meniti karir di dunia UMKM. Mereka juga berbagi tips dan pengalaman selama berwirausaha, terutama setelah mengantongi label SNI tersebut.

Ada, Sunarno seorang UKM Kopi ber SNI Tunggu Tubang dari Palembang, dan Hani seorang pengusaha bakso ikan ber-SNI Shanaya asal Pekanbaru. Selain itu ada juga Sri Rujiati, Kasi Pelayanan dan Pengembangan Teknologi UPT Industri Olahan Pangan dan Kemasan Pekanbaru sebagai pembicara. Masing-masing mereka berbagi pengalaman dan kisah suksesnya.

Seperti Hani, usaha bakso ikannya tersebut merupakan yang pertama kali berstandar SNI di pulau Sumatera. Awalnya pada tahun 2009, dirinya meniti usahanya tersebut dari nol, hingga terbilang sukses sampai saat ini.

"SNI tersebut menambah nilai dan kualitas produk. Susah gak sih dapatkan standarisasi SNI itu? Kalau kita tak punya komitmen ya tentu susah. Tapi kalau kita miliki komitmen itu, tidak ada yang susah," tuturnya.

Makanya, Dia pun mengajak para pegiat UMKM yang hadir tersebut untuk meningkatkan kualias produk dan mutu. Salah satunya lewat standarisasi ini. "Jadilah UMKM yang berkelas dan UMKM yang naik kelas," ajaknya.(*1)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-09.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com