Stok Vaksin Covid-19 Menipis

Pekanbaru | Jumat, 12 Agustus 2022 - 09:32 WIB

Stok Vaksin Covid-19 Menipis
ZAINI RIZALDY (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Stok vaksin Covid-19 yang dimiliki Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menipis. Diskes kembali mengajukan penambahan dosis vaksin kepada pemerintah pusat. Tak tanggung-tanggung, Diskes mengajukan sebanyak 11 ribu dosis vaksin Covid-19 jenis Moderna.

Menurut Kepala Dinas Ke­sehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy, pihaknya saat ini sedang menunggu kedatangan vaksin tersebut. Pasalnya saat ini kebutuhan vaksin jenis Moderna sangat banyak untuk digunakan sebagai vaksin tahap 4 atau booster kedua.

Yamaha Alfa Scorpii

Bahkan dikatakan Zaini, saat ini vaksin tersebut sudah dalam perjalanan menuju Kota Pekanbaru. Namun sampai sekarang masih belum diketahui kapan vaksin tersebut akan sampai di Pekanbaru.

Berdasarkan Data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru saat ini persediaan vaksin yang ada  antara lain 45.000 dosis vaksin Pfizer, 1.006 dosis Coronavac dan 3 vial Moderna dan Astrazeneca dalam kondisi kosong.

"Kita berharap vaksin itu cepat sampai agar proses vaksinasi tetap dapat berjalan," katanya.

Lanjut Zaini, saat ini vaksin jenis Moderna memang banyak diperlukan untuk vaksinasi tahap keempat. Hal ini karena untuk dosis vaksin keempat harus sama dengan vaksin ketiga.


"Harus sama. Jadi kalau dosis ketiga pakai Moderna, ya kita harus pakai Moderna di dosis keempat. Kalau Pfizer ya pakai Pfizer. Dan untuk dosis ketiga kemarin banyak

yang pakai jenis Moderna, sementara untuk stok vaksin Moderna kita terbatas," sebutnya.

Meskipun begitu, saat ini pemko hanya memiliki stok 3 vial vaksin Moderna saja. Di mana 3 vial tersebut hanya cukup untuk 42 orang. Karena satu vial peruntukkannya untuk 14 orang.

"Untuk itu vaksinasi keempat jenis Moderna untuk tenaga kesehatan belum bisa dilakukan dalam jumlah yang banyak mengingat keterbatasan vaksin Moderna tersebut," ungkapnya.(ayi)







BEASISWA BENGKALIS 2022




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook






EPAPER RIAU POS  2022-09-30.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com