SK Pj Wako Pekanbaru dan Pj Bupati Kampar Sudah Diteken Mendagri

Pekanbaru | Jumat, 13 Mei 2022 - 08:28 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dikabarkan sudah menandatangani Surat Keputusan (SK) Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru dan Pj Bupati Kampar. Paling lama SK akan diserahkan lima hari jelang akhir masa jabatan (AMJ), kedua kepala daerah tersebut pada 22 Mei.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau Firdaus mengatakan, setelah menyerahkan usulan calon Pj dua daerah tersebut ke Mendagri, pihaknya terus intens melakukan komunikasi.

Yamaha Alfa Scorpii

"Informasi yang kami dapat, SK-nya sudah diteken Mendagri karena akan ada tugas keluar negeri. Tapi kami belum diperintahkan untuk menjemputnya," kata Firdaus, Kamis (12/5).

Lebih lanjut dikatakannya, jika SK tersebut akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi Riau lima hari jelang AMJ, maka seharusnya SK sudah diserahkan pada 17 Mei mendatang. "Kami tinggal menunggu perintah untuk menjemput SK-nya saja. Kalau lima hari jelang AMJ, berarti tanggal 17 Mei," ujarnya.

Living World Pekanbaru

Saat ditanyakan apakah sudah ada informasi siapa calon Pj Wali Kota Pekanbaru dan Pj Bupati Kampar yang disetujui Mendagri, Firdaus mengaku tidak mengetahuinya. Sebab sejauh ini pihaknya hanya diperintahkan mengantar usulan Pj kedua daerah tersebut dari gubernur Riau.

"Tugas kami mengantar usulan dari Gubernur Riau, dan mengambil SK jika sudah diperintahkan. Kita tunggu saja SK-nya," kata Firdaus.


Seperti diberitakan sebelumnya, dari informasi yang didapat, pada usulan calon Pj Wali Kota Pekanbaru terdapat tiga nama, yakni Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmi, Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal, dan Kadispora Riau Boby Rachmat. Belakangan menyusul nama Sekwan DPRD Riau Muflihun masuk dalam calon Pj Wali Kota Pekanbaru.

Sedangkan Pj Bupati Kampar diusulkan Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau Zulkifli Syukur, Kadisnakertrans Riau Imron Rosyadi, dan Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat.

Imron Rosyadi ketika dikonfirmasi Riau Pos terkait namanya yang disebut-sebut menjadi calon kuat Pj Bupati Kampar, mengaku belum mendapat kepastian terkait hal tersebut. Namun, sebagai aparatur sipil negara, ia mengaku siap jika ditugaskan. "Belum pasti lagi, tapi kalau ditugaskan in sya Allah siap," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kampar Repol SAg mengatakan, semua mekanisme sudah dilaksanakan oleh DPRD Kampar untuk pengusulan Pj Bupati Kampar. "Sebelum masa jabatannya berakhir, DPRD Kampar sudah menggelar rapat paripurna pengumuman pemberhentian Bupati Kampar karena masa jabatannya akan segera berakhir," jelas Repol yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kampar ini.

Repol menambahkan, dasar paripurna ini yang dikirim ke Gubernur Riau untuk mengusulkan nama-nama Pj Bupati Kampar yang dikirim ke Kemendagri. "Kita tunggu saja nanti Gubri yang mengumumkan siapa Pj Bupati Kampar," jelas Repol.

Repol berharap Pj Bupati Kampar nanti bisa membawa Kampar lebih maju dan berkembang lagi. "Siapa yang terbaiklah untuk Pj Bupati Kampar yang seutuhnya meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk kemajuan Kabupaten Kampar. Kalau bisa jauh berbeda dengan zaman sekarang," jelas Repol.(sol)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  24-meii.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com