Penyaluran BST Terapkan Protokol Kesehatan

Pekanbaru | Senin, 13 Juli 2020 - 11:29 WIB

Penyaluran BST Terapkan Protokol Kesehatan
Relawan Covid-19 mengecek suhu tubuh warga yang akan mengambil bantuan sosial tunai (BST) di Kantor Lurah Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Ahad (12/7/2020). Penyaluran BST tetap menerapkan protokol kesehatan untuk cegah penyebaran Covid-19.(MHD AKHWAN/RIAUPO.CO)

BUKIT RAYA (RIAUPOS.CO) --  Sekitar seribuan keluarga penerima manfaat (KPM) di dua kelurahan di Kecamatan Bukit Raya mengambil bantuan sosial tunai (BST) tahap III, Ahad (13/7). Dari Kelurahan Simpang Tiga ada 656 KPM dan dari Kelurahan Tangkerang Labuai ada 346 KPM.

Penyaluran BST tersebut diserahkan melalui PT Pos Indonesia yang difasilitasi di halaman kantor Lurah Tangkerang Labuai. Pada penyerahan ini relawan Covid-19 menerapkan protokol kesehatan kepada warga.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sekaligus Ketua Relawan Covid-19 Kelurahan Tangkerang Labuai Mirshal yang akrab disapa Achenk mengatakan, pihaknya dibantu mahasiswa KKN dari Institut Pertanian Bogor dan Universitas Riau untuk menerapkan protokol kesehatan selama pengambilan BST. Warga dicek suhu tubuhnya sebelum memasuki halaman kantor lurah.


"Bagi penerima BST yang tidak pakai masker tidak dibolehkan masuk pekarangan kelurahan yang sudah di beri pembatas oleh para relawan," kata Achenk.

Dia menyebut, para penerima BST wajib memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan terlebih dahulu di fasilitas yang telah disiapkan.

Sementara itu, setiap warga yang menerima bantuan tersebut satu persatu masuk ke halaman kantor lurah dengan tertib. Mereka menerima bantuan sebesar Rp600 ribu per KPM.

Koordinator lapangan PT Pos Indonesia Irfan Efendi Hasibuan mengatakan, pihaknya menyediakan tiga meja pelayanan untuk melayani warga. "Penyaluran hari ini (kemarin, red) untuk warga di dua kelurahan. Yaitu Kelurahan Simpang Tiga sebanyak 656  penerima dan Tangkerang Labuai 346 penerima," ujarnya.

Menurut Irfan, dalam pelaksanaan penyaluran BST kali ini cukup kondusif karena dibantu oleh para relawan. Lebih lanjut dikatakan, bagi para penerima yang tidak hadir ataupun berhalangan, nantinya dapat mendatangi ke Kantor Pos di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru untuk mencairkan bantuan tersebut.

"Mereka yang berhalangan, kami sarankan ke kantor pos langsung. Sejauh ini lancar dan persyaratan warga untuk mencairkan bantuan sosial ini lengkap semua," tuturnya.

Sedangkan penyaluran bantuan tersebut juga disaksikan oleh Lurah Tangkerang Labuai, Kadwadi dan beberapa perangkat yang hadir.

Seorang penerima BST Kemensos, Azmi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengalokasikan program bantuan tersebut.

"Terima kasih, bantuan ini kami gunakan untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.(p)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-05.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com