Perekonomian Global dalam Fase Melambat

Pekanbaru | Jumat, 13 Desember 2019 - 11:10 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Bank Indonesia mengadakan pertemuan tahunan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI)  Riau. Kegiatan ini dibuka Kakanwil BI Riau Decymus, Kamis (12/12). Dalam sambutannya, Decymus memaparkan peluang dan tantangan ekonomi yang dihadapi Riau pada tahun ini, termasuk berbagai prospek ekonomi di Riau serta berbagai upaya yang dirangkum dalam tema Sinergi, Transformasi, dan Inovasi Menuju Riau Bersatu dan Indonesia maju. 


Decymus mengungkapkan jika perekonomian global berada dalam fase melambat yang dibarengi dengan perang dagang yang tak kunjung selesai. Selain itu,  permintaan CPO dunia juga masih dibayangi hambatan baik tarif maupun non tarif.  "Perlambatan ekonomi global ternyata memukul ekspor Riau. Ekspor yang terpukul menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Riau melambat secara signifikan. Tren pertumbuhan ekonomi Riau terus melambat sejak 2011 dan semakin rendah sejalan dengan ekspor," ungkapnya. 

Decymus menuturkan,  hilirisasi adalah kunci utama agar bisa bertahan. Hilirisasi ini dapat dipercepat dengan meningkatkan kemudahan berusaha. Kendati demikian hal ini juga memerlukan dukungan insfrastruktur strategis.  Berbagai sektor alternatif pertumbuhan ekonomi Riay di antaranya yaitu sektor perdagangan, perikanan, real estate,  usaha mikro kecil menengah (UMKM) berupa ekonomi kreatif dan pariwisata. "Dengan berbagai peluang dan tantangan tersebut, pemulihan ekonomi Riau 2020 akan terus berlanjut," katanya. 

Bank Indonesia memandang bahwa hilirisasi merupakan kunci untuk bertahan. Hilirisasi dapat dipercepat dengan meningkatkan kemudahan berusaha. Hilirisasi juga memerlukan dukungan infrastruktur strategis. Berbagai sektor alternatif pertumbuhan ekonomi Riau semakin berkembang. Dari sektor perdagangan, perikanan, real estate, UMKM/Ekonomi Kreatif, dan pariwisata. Dengan berbagai peluang dan tantangan tersebut, pemulihan ekonomi Riau 2020 diperkirakan berlanjut.(*2) 




youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-19.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com