Mahasiswa Tiga Prodi di STIKes Hang Tuah Dilatih Memadamkan Api dalam Simulasi Kebakaran

Pekanbaru | Senin, 13 Desember 2021 - 10:25 WIB

Mahasiswa Tiga Prodi di STIKes Hang Tuah Dilatih Memadamkan Api dalam Simulasi Kebakaran
Usai melakukan simulasi pemadaman kebakaran, para pimpinan STIKes Hang Tuah Pekanbaru, BPBD Kota Pekanbaru, mahasiswa foto bersama, Kamis (8/12/2021). (STIKES HANG TUAH FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Sebanyak 50 mahasiswa yang mewakili tiga program studi (prodi) yakni, Prodi S1 Keperawatan, S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dan S1 Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hang Tuah Pekanbaru dilatih memadamkan api di halaman Kampus II.

Mereka dilatih dalam simulasi manajemen kebakaran dalam rangkaian mata kuliah interprofessional  educational (IPE) Manajemen Bencana, Kamis (9/12). Simulasi tersebut bekerja sama antara STIKes Hang Tuah Pekanbaru dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru. 

Yamaha Alfa Scorpii

Kegiatan simulasi itu diwakili atau dibimbing lima orang dari BPBD Kota Pekanbaru dan perwakilan dosen tiga  orang masing-masing prodi yang ada di lingkungan STIKes Hang Tuah Pekanbaru. Simulasi dibuka oleh Ketua STIKes Hang Tuah Pekanbaru H Ahmad Hanafi SKM MKes. Ahmad Hanafi menyambut baik kegiatan simulasi tersebut karena mahasiswa dihadapkan pada peristiwa kebakaran yang seolah-olah terjadi sebenarnya. 

Koordinator Mata Kuliah IPE Manajemen Bencana STIKes Hang Tuah Pekanbaru Ns T Abdur Rasyid MKep mengatakan tujuan kegiatan yakni, memenuhi capaian mata kuliah, memberi bekal kepada mahasiswa sehingga memiliki kemampuan memadamkan api saat terjadi kebakaran dan melatih mahasiswa agar dapat berkoordinasi dengan badan berwenang dalam hal kebakaran.

Living World Pekanbaru

  Tahapan simulasi ini, kata Ns T Abdur Rasyid MKep, dimulai dari peragaan oleh mahasiswa dalam menemukan peristiwa kebakaran, melaporkan kejadian ke pihak kampus, pihak kampus berkoordinasi dengan instansi pemadam kebakaran serta ambulans gawat darurat.(nto/c)







Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-27.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com