WABAH CORONA

Pasar Tradisional Manfaatkan Ojol

Pekanbaru | Rabu, 15 April 2020 - 12:56 WIB

Pasar Tradisional Manfaatkan Ojol
MEMBELI PESANAN: Seorang pengemudi ojek online membeli barang pesanan pelanggan yang dipesan melalui aplikasi GoShop di salah satu pasar tradisional di Pekanbaru, Selasa (14/4/2020). (GOJEK FOR RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- yang ingin berbelanja keperluan pokok, saat Pekanbaru berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam waktu dekat ini, ada 12 pasar tradisional sudah dapat dipesan melalui ojek online (ojol) dari mitra Gojek melalui aplikasi GoShop. Hal ini pun sejalan dengan upaya pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi Covid-19.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) sudah berkolaborasi dengan Gojek untuk mengajak masyarakat berbelanja di pasar-pasar rakyat (pasar tradisional) dengan menggunakan layanan GoShop. Kolaborasi ini secara resmi di-launching, Selasa (14/4) siang di depan Posko Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pekanbaru, yang berada di kawasan Mall Pelayanan Publik Pekanbaru.

GoShop yang merupakan layanan Gojek untuk membeli berbagai keperluan dari lokasi manapun dan telah tersedia di seluruh Indonesia ini, mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Di Pekanbaru, masyarakat dapat memanfaatkan layanan GoShop untuk berbelanja di 12 pasar rakyat, seperti Pasar Cik Puan, Pasar Pusat/Sukaramai, Pasar Dupa, Pasar Pagi Arengka, Pasar Lima Puluh, Pasar Bawah, Pasar Kodim, Pasar Panam, Pasar Tangor, Pasar Rumbai, Pasar Sail dan Pasar Palapa.


Namun demikian, protokol terhadap penyebaran pandemi Covid-19 tetap dikedepankan dengan menyediakan tempat cuci tangan, dengan sabun dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di pasar, menerapkan jaga jarak sosial (social distancing) serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya bagi mitra Gojek.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut menyampaikan, seiring dengan upaya Pemerintah Kota Pekanbaru untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 jelang diberlakukannya PSBB. Memang keperluan bahan makanan pokok masyarakat tetap harus terpenuhi. Demikian pula perputaran ekonomi masyarakat harus tetap berjalan.

“Oleh karena itu, kami melakukan berbagai inisiatif dengan pemanfaatan teknologi, salah satunya bekerja sama dengan Gojek dengan layanan GoShop-nya yang telah dijalankan sejak awal April lalu di 12 pasar rakyat Pekanbaru. Layanan GoShop ini juga menjadi solusi agar masyarakat dapat tetap aman berbelanja sambil terus melakukan arahan pemerintah untuk #dirumahaja,” ungkapnya.

Ia menegaskan, selama PSBB nanti seluruh pasar rakyat di Pekanbaru tetap buka. “Pasar rakyat resmi milik pemerintah tetap buka selama PSBB karena menyangkut kebutuhan publik. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan delivery seperti GoShop untuk berbelanja di pasar. Selain itu kami juga terus melakukan sterilisasi terhadap pasar dan menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan yang dapat digunakan oleh pedagang maupun mitra. Oleh karena itu kami terus mendorong masyarakat untuk berbelanja di pasar-pasar rakyat lainnya di kota Pekanbaru dan sekitarnya agar denyut kehidupan dan ekonomi masyarakat dapat tetap berjalan,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, dalam situasi yang penuh tantangan saat ini GoShop menjalankan perannya untuk meningkatkan keselamatan dengan memastikan layanan ini dapat memfasilitasi jarak aman dan tidak ada kontak fisik secara langsung.

Beragam kanal digunakan untuk mempromosikan kebiasaan hidup sehat dengan menyebarkan informasi kesadaran dan pencegahan Covid-19, pemberitahuan dalam aplikasi dan diskusi dengan mitra. GoShop telah menempuh upaya lebih untuk menjaga produktivitas dan keberlanjutan pendapatan mitra usaha dan mitra driver agar pelanggan tetap #dirumahaja.

Dalam keterangan tertulisnya, Vice President Gojek wilayah Sumbagut, Budianto Hariadi mengatakan, pasar rakyat merupakan salah satu urat nadi masyarakat, khususnya dalam menopang roda ekonomi. Terlebih di saat yang penuh tantangan ini, dimana masyarakat tetap harus membeli kebutuhan bahan pokoknya dan pedagang dapat terus menjajakan barang dagangannya.

Di sisi lain, kolaborasi ini turut mendukung produktifitas para mitra driver yang juga terdampak dari berkurangnya mobilitas para pelanggan di masa pandemi ini. Sehingga kolaborasi ini menjadi salah satu solusi yang dapat diambil untuk mendukung berjalannya kegiatan perekonomian seraya menjalankan arahan pemerintah untuk #dirumahaja.

“Kami sangat mendukung kolaborasi yang dilakukan oleh Pemkot Pekanbaru melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian bersama dengan Gojek,” ujarnya.

Di samping prinsip-prinsip keamanan yang telah dijalankan untuk mendukung protokol penyebaran pandemi Covid-19 diatas, Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya. Seperti pengiriman tanpa kontak fisik langsung (GoFood dan GoShop) dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver, sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik serta pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay dan Paylater untuk bertransaksi dengan GoFood dan GoShop.

Harga-harga keperluan bahan pokok secara berkala akan diinformasikan melalui akun Instagram Gojek Pekanbaru instagram.com/gojek.pekanbaru/ pada pukul 07.00 WIB. Kolaborasi GoShop dengan pasar tradisional melalui badan pemerintah juga dilakukan di Medan, Sumatra Utara dengan menggandeng 32 pasar rakyat dan Padang, Sumbar dengan 12 pasar rakyat.(ksm)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com