BPR Pekanbaru Salurkan Bansos ke Sungai Ukai

Pekanbaru | Rabu, 15 Juli 2020 - 10:18 WIB

BPR Pekanbaru Salurkan Bansos ke Sungai Ukai
Seorang warga Kelurahan Sungai Ukai, Kecamatan Rumbai Pesisir me­nun­jukkan dana bansos yang disalurkan Dinas Sosial Kota Pekanbaru melalui BPR Pekanbaru, Selasa (14/7/2020). Penyerahan disaksikan Komut BPR Pekanbaru M Noer MBS, Dirut BPR Pekanbaru Akhmad Fauzi Lindung, dan Kadissos Pekanbaru Mahyuddin. (MUHAMMAD AMIN/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pekanbaru (Bank Pekanbaru) menyalurkan bantuan sosial (bansos) warga terdampak Covid-19 kepada warga Kelurahan Sungai Ukai, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Selasa (14/7). Penyaluran dilakukan untuk 84 KK yang direkomendasikan Dinas Sosial Kota Pekanbaru.

Hadir jajaran komisaris dan direksi BPR Pekanbaru. Komisaris Utama BPR Pekanbaru, Drs M Noer MBS juga hadir. Kadissos Kota Pekanbaru Mahyuddin, Camat Rumbai Pesisir, Syamsuddin, Lurah Sungai Ukai R Merza Venrian, Seklur Feri Junaidi, dan perangkat kelurahan Sungai Ukai lainnya juga hadir.


Nominal bankeu yang diterima sebesar Rp300 ribu per KK. Selain itu, setelah menerima bankeu, warga langsung dilakukan rapid test Covid-19 oleh pihak Puskesmas Rumbai Pesisir. Sebanyak 100 warga termasuk perangkat kelurahan dilakukan rapid test.

Sebelumnya, muncul surat permohonan dari warga Sungai Ukai. Mereka memohon agar bansos itu disalurkan kepada mereka yang berada di pinggiran Pekanbaru. Jarak yang jauh, jalan kurang bagus, banyak orang tua dan sakit-sakitan menjadi alasan. Sungai Ukai termasuk kawasan terjauh dari pusat kota Pekanbaru. Dalam kondisi musim hujan saat ini, waktu tempuh ke sana dari pusat kota bisa sekitar 1,5 jam. Kondisi ini direspon pihak BPR Pekanbaru.

Awalnya ada tiga wilayah yang akan disalurkan bantuan langsung melalui BPR Pekanbaru, yakni wilayah Rumbai, Tenayan Raya, dan Rumbai Pesisir. Tapi sebagian masyarakat yang berasal dari Tenayan dan Rumbai sudah langsung datang ke kantor BPR Pekanbaru di Jalan Arifin Achmad. Sebagian mereka mengambil bantuan tunai lewat Bank Riau Kepri. Memang, selain Bank Pekanbaru, bantuan ini juga disalurkan melalui BRK dan BRI.

Sementara itu, untuk kawasan Kelurahan Sungai Ukai, Kecamatan Rumbai Pesisir belum diambil sama sekali. Di sana juga tidak ada penyaluran dari BRK dan BRI. Satu-satunya harus melalui BPR Pekanbaru. Di saat bersamaan, datang pula surat permohonan dari warga sekitar melalui lurah agar bantuan itu bisa diberikan dengan cara diantarkan ke wilayah mereka.

Komisaris Utama BPR Pekanbaru, M Noer MBS menyatakan bahwa apa yang dilaksanakan BPR Pekanbaru sudah maksimal. Bank daerah yang mau bersusah payah menyalurkan bantuan langsung tunai ke daerah pinggiran kota ini tentunya perlu diapresiasi. Sebagai pejabat di Pemko Pekanbaru, M Noer menyebutkan apa yang dilakukan BPR Pekanbaru seharusnya benar-benar diapresiasi, bukan malah dikritik.

Mantan Sekko Pekanbaru ini mengakui awalnya Pemko cukup kesulitan menyalurkan bantuan tunai kepada warga terdampak Covid-19 ini. Tapi keberadaan BPR Pekanbaru ternyata mampu dan memberikan solusi. Padahal tidak ada dana pendamping apapun, baik dari Dinas Sosial Provinsi Riau, maupun Pemko Pekanbaru.

Semua dana operasional, penyaluran, bahkan hingga ke pinggiran Kota Pekanbaru dikeluarkan dari dana operasional BPR Pekanbaru.  "Ini semua bentuk kepedulian jajaran direksi BPR Pekanbaru yang patut diapresiasi," ujar M Noer.(c)

Laporan Muhammad Amin, Pekanbaru



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com