Joko Widodo Ikuti Pemilihan RT

Pekanbaru | Senin, 16 Maret 2020 - 10:39 WIB

Joko Widodo Ikuti Pemilihan RT
FOTO BERSAMA: Camat Bukit Raya dan Lurah Simpang Tiga foto bersama saat meninjau pelaksanaan pemilihan 5 RT dan 1 RW di Kelurahan Simpang Tiga, Ahad (15/3/2020). (IMRIZAL/ RIAU POS)

PEKANBARU (RIAU[POS.CO) -- Panitia mendesain pemilihan layaknya seperti pemilu. Supaya berbeda dari pemilihan RT di tempat lain. Dengan tema tersebut, masyarakat dapat berpartisipasi langsung dalam menentukan calon pemimpin di lingkungannya, guna mengatur roda pemerintahan paling dasar.

Seperti layaknya pemilihan suara yang diadakan untuk pemilihan calon legislatif dan pemilihan pesta demokrasi di Kota Pekanbaru dilaksanakan di wilayah Kelurahan Simpang Tiga Pekanbaru, Ahad (15/3).


Pada bulan ini dilakukan pemilihan RT dan RW di Kelurahan Simpang Tiga, sebanyak 5 RT dan 1 RW melaksanakan pemilihan pemimpin di wilayah mereka, dalam pemilihan tersebut antausias masyarakat sangat tinggi untuk ikut berpartisapasi memberikan suara mereka.

Ketua Panitia Pemilihan RT 1 sampai 5 dan RW5 Kelurahan Simpang Tiga, H Syukriman Lubis SE, mengatakan, jumlah pemilih di wilyah tersebut mencapai1.500 pemilih tetap. Diharapkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan ini bisa mencapai 80 persen untuk memilih.

Dikatakan Syukriman, pasangan calon yang mengikuti pemilihan lima RT ini sebanyak 4 pasangan calon. Di mana RT 2 sebanyak dua pasang calon dan RT 3 dua pasang calon sementara RT 1, RT4 dan lima incubent secara otomatis naik kembali.

"Ada salah satu calon RT yang bernama Joko Widodo, persis seperti nama Presiden kita. Tapi ini adalah kesamaan nama saja dan orangnya berbeda. Tapi dengan adanya nama tersebut masyarakat ikut juga senang. Karena ada nama yang sama dengan presiden jadi gampang untuk mengingatnya," ujarnya.

Di samping itu, Syukriman juga mengatakan, sistem pemilihan ini dibuat sebagus mungkin agar masyarakat. Antusias untuk datang ke tempat pemilihan suara, sistem ini juga memakai sistem yang ditetapkan oleh Perwako dengan ketentuan calon berusia maksimal 60 tahun serta berdomisili diwilayah tersebut, untuk calon RW yang maju bertarung sebanyak tiga orang, agar masyarakat yang mempunyai hak suara dan senang untuk datang ke TPS seluruh panitia berpakaian batik dan menggunakan tanjak. Dengan penampilan tersebut masyayarakat tidak merasa bosan melihat penampilan petugasnya. Di samping itu, masyarakat yang datang  juga diberi minuman dan snack, karena pemilihan tersebut berlangsung dari pukul 07.00 WIB sampai dengan puluk 11.00 WIB.

"Di samping itu juga untuk menarik partispasi masyarakat ada salah satu calon RW akan memberikan doorprize kepada masyarakat yang datang untuk, doorprize ini bukan untuk menarik suara tapi sebegai bentuk memeriahkan pemilihan saja," kata Syukrian.
Camat Bukitraya Wahyu Idris SHUT beserta Lurah Simpang Tiga, M Nasir menyempat diri memantau proses pemilhan suara ini, di tempat acara pemilihan Camat Bukitraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia pemilihan yang telah bekerja keras demi terlaksananya pemilihan ini. Kepada RT dan RW yang terpilih nanti kalau sudah terpilih diminta agar bisa mengayomi masyarakat, bekerja jujur dan mau mendenagrkan aspirasi masyaraktanya serta lebih paham dengan keadaan masyarakat.

"Kami juga memberikan apreseasi yang tinggi kepada seluruh panitia, karena sudah bekerja tanpa pamrih, di mana kecamatan tidak ada memberikan anggaran untuk pemilihan ini," ujarnya.(ksm)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-07-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com