BPBD Pekanbaru Bentuk Kelurahan Tangguh Bencana

Pekanbaru | Kamis, 16 September 2021 - 08:42 WIB

BPBD Pekanbaru Bentuk Kelurahan Tangguh Bencana
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra (INTERNET)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Masih banyaknya kelurahan yang masuk dalam zona rawan bencana, membuat Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tahun ini akan membentuk lagi sebanyak enam Kelurahan Tangguh Bencana, Rabu (15/9).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, SSTP MSi. Menurutnya, saat ini sudah terdapat 6 Kelurahan Tangguh Bencana yang tersebar di sejumlah kecamatan.


Di mana, ke enam Kelurahan Tangguh Bencana tersebut di antaranya Kelurahan Tobek Godang, Palas, Srimeranti, Industri Tenayan, Tirta Siak dan Bandar Raya. Seluruhnya merupakan wilayah yang rawan terjadinya banjir sesaat serta kebakaran lahan.

"Nanti ada 12 Kelurahan Tangguh Bencana yang bisa membantu kami mencegah dan menangani dampak kebencanaan,"ujarnya.

Lanjut Zarman, Kelurahan Tangguh Bencana merupakan kelurahan yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Di mana, masyarakat yang terlibat di Kelurahan Tangguh Bencana,  bisa membantu dan lebih tanggap kalau memang terjadi kebencanaan, baik itu banjir maupun asap di lingkungannya.

Bank BJB

Bahkan, saat ini pihaknya masih terus aktif memberikan edukasi, sosialisasi maupun simulasi penanganan kebencanaan kepada masyarakat yang terlibat di Kelurahan Tangguh Bencana agar kepekaan mereka terhadap bencana dapat terus terasah.

"Kami berharap dengan edukasi yang telah kami berikan. Masyarakat bisa melakukan penanganan secara dini ketika terjadi kebencanaan. Karena mereka telah kami bekali dengan edukasi maupun simulasi,"harapnya.(ayi)


Pemkab Siak


Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU





Shocktober - FOX Hotel Pekanbaru



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com