Kawanan Gajah Rusak Kebun Warga

Pekanbaru | Sabtu, 17 April 2021 - 10:48 WIB

Kawanan Gajah Rusak Kebun Warga
Kebun semangka warga di Desa Karya Indah, Jalan Garuda Sakti Km 8, Kabupaten Kampar, dilumat gajah, baru-baru ini. (BBKSDA RIAU FOR RIAUPOS)

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau saat ini sedang melakukan penanganan konflik satwa liar gajah bersama warga dan Babinkamtibmas di Desa Karya Indah, Jalan Garuda Sakti, Km 8, Kabupaten Kampar.

Kepala Bidang KSDA Wilayah II Heru Sutmantoro mengatakan, tim saat ini masih sedang berupaya melakukan pengusiran terhadap satwa liar gajah, yang berada di sekitar Perumahan Panorama di Km 8, Jalan Garuda Sakti.


 "Di lokasi ini dijumpai tanaman yang dirusak yakni kelapa yang masih muda dan kebun semangka milik warga yang dilintasi kawanan gajah liar tersebut," ujar Heru Sutmantoro kemarin.

Dijelaskannya, dalam upaya melakukan penggiringan atau pengusiran, tim melakukan dengan cara menggunakan bunyi-bunyian mercon untuk menghalau agar kawanan gajah liar menjauh dari sekitar pemukiman warga.

"Sampai dengan saat ini, tim beserta warga dan Babinkamtibmas masih di lokasi untuk melakukan pengusiran," terangnya.

Menurutnya, di Jalan Garuda Sakti tersebut memang menjadi perlintasan kawanan gajah liar. Kawanan ini berasal dari Tahura Minas dan punya jalur pergerakan menuju Tapung, Kabupaten Kampar.

Ditambahkannya, memang setiap tahun gajah liar yang berjumlah 11 ekor itu melakukan pergerakan. Mereka melintas sesuai koridor dan akan kembali ke habitatnya.(dof)

 


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com