WABAH CORONA

Pasien Positif Menurun, PPKM Mulai Berdampak

Pekanbaru | Selasa, 17 Agustus 2021 - 09:45 WIB

Pasien Positif Menurun, PPKM Mulai Berdampak
Mimi Yuliani Nazir (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Dalam kurun waktu dua hari terakhir, penambahan pasien positif Covid-19 di Riau mulai menurun. Per Ahad (15/8) lalu, penambahan pasien positif sebanyak 938 orang, dan hari Senin (16/8) kembali menurun menjadi 614 orang.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan, menurunnya penambahan pasien Covid-19 tersebut salah satunya disebabkan oleh Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Riau, khususnya di Pekanbaru. Karena dengan PPKM, banyak aktivitas masyarakat yang dibatasi.


"Menurunnya pasien positif ini juga dampak dari PPKM. Karena itu kami imbau masyarakat agar tetap bersabar hingga pekan depan, karena PPKM diberlakukan hingga 23 Agustus," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, meskipun jumlah pasien positif Covid-19 mulai menurun, namun pihaknya tidak menurunkan jumlah testing untuk mendeteksi Covid-19. Seperti per hari Senin, jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 2.475, dan yang terdeteksi positif Covid-19 614 orang. "Sampel swab yang diperiksa tetap banyak, karena hal ini sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Indra Yovi juga mengatakan saat ini keterisian ruang isolasi Covid-19 non ICU di rumah sakit rujukan Covid-19 juga terus menurun hingga di bawah 60 persen.

"Hal ini juga menjadi indikator bahwa pasien Covid-19 di Riau terus menurun. Namun demikian, protokol kesehatan harus tetap dijalankan. Mudah-mudahan pekan depan jika kasusnya terus menurun, PPKM akan diturunkan levelnya," harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan per Senin (16/8) pasien positif Covid-19 di Riau bertambah 614 orang. Dengan penambahan tersebut, maka total penderita Covid-19 di Riau menjadi 115.108 orang.

"Sementara itu, untuk pasien yang sembuh bertambah 1.686 orang, sehingga total 100.336 orang yang sudah sembuh," katanya.

Untuk kabar dukanya, juga terdapat 42 pasien yang meninggal dunia. Sehingga total pasien yang meninggal akibat Covid-19 di Riau sebanyak 3.280 orang.

Dari total pasien positif Covid-19 Riau, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 1.131 orang. Sementara yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 10.336 orang. "Sehingga saat ini jumlah pasien yang masih menjalani perawatan baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri sebanyak 11.467 orang," ujarnya.(sol)

 



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com