Razia Masker, 364 Orang Terjaring

Pekanbaru | Kamis, 17 September 2020 - 09:10 WIB

Razia Masker, 364 Orang Terjaring
PAKAI MASKER: Seorang warga mengenakan masker ketika berativitas di luar ruang dan melintas di dekat spanduk yang dipasang di Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (16/9/2020). Pemko pekanbaru sedang gencar mengimbau warga kota untuk mematuhi Perwako No 30/2020 tentang Perilaku Hidup Baru. (MHD AKHWAN/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) - Tingkat kesadaran warga Kota Pekanbaru menggunakan masker sebagai upaca pencegahan penyebaran Covid-19 masih rendah. Ini terbukti dari hasil operasi razia masker dalam upaya penegakan Perwako No30/2020 tentang Perilaku Hidup Baru yang digelar sejak Senin (14/9) lalu. Di mana, hingga Rabu (16/9), sudah 364 orang terjaring razia. 

Razia digelar tim gabungan TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Pekanbaru. Tujuannya yaitu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang kian melonjak.

Kebanyakan warga yang terjaring tidak memakai masker memilih sanksi sosial daripada sanksi denda.

"Ya gimana lagi, keadaan ekonomi seperti ini dan kami ga ada uang. Mending pilih sanksi sosial," sebut Rizal yang terjaring razia karena tidak memakai masker, kemarin.

Kapolresta Pekanbaru Kombespol Nandang Mu’min Wijaya melalui Kabagops Kompol Lilik menyebut, operasi kemarin dilakukan di dua lokasi yaitu di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Tuanku Tambusai.

Di Jalan Jenderal Sudirman terdapat sembilan warga terjaring tidak menggunakan masker. Mereka diberi sanksi administratif berupa kerja sosial. Mereka membersihkan fasilitas umum Razia Masker, 364 Orang Terjaring
seperti menyapu Jalan. 

Di Jalan Tuanku Tambusai, tepat di depan Global Bangunan ada 11 warga terjaring. Empat dari mereka memilih sanksi administratif berupa bayar denda sebesar Rp250 ribu, dan tujuh lainnya sanksi kerja sosial. 

"Untuk total pelanggar selama tiga hari ada 364 orang. Sebanyak 21 orang dikenakan sanksi administrasi/denda, 93 orang yang memlih kerja sosial dan 250 orang diberikan teguran lisan," urainya.

Untuk lokasi razia, petugas gabungan setiap harinya pun berpindah pindah. Sebelumnya operasi ini pernah berlangsung di Jalan Sudirman, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Hang Tuah dan Jalan Tuanku tambusai.

"Untuk personel dari pihak kepolisian menurunkan sebanyak 20 personel, TNI 15 personel, Satpol PP 60 personel, Dishub 30 personel, BPBD 10 personel, dan Dinas Pasar 20 personel," katanya.

Pihak kepolisian terus mengimbau kepada masyrakat agar menerapkan perilaku hidup sehat. Kemudian selalu mengikuti protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru.(Bay/sof)

Laporan : Sofiah (Pekanbaru)
 





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-01.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com