Amblas, Jalan Lobak Bahayakan Pengendara

Pekanbaru | Jumat, 17 September 2021 - 08:35 WIB

Amblas, Jalan Lobak Bahayakan Pengendara
Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, masayrakat menancapkan sebatang bambu ke dalam lubang badan Jalan Lobak yang amblas, Kamis (16/9/2021). Amblasnya Jalan ini diduga akibat pengikisan tanah oleh air. (EVAN GUNANZAR/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Masih banyaknya jalan di Kota Bertuah yang mengalami kerusakan kerap dikeluhkan warga dan pengendara. Salah satunya di Jalan Lobak, Kelurahan Delima, Kecamatan Bina Widya.

Pantauan Riau Pos, Kamis (16/9). Tampak dua titik badan Jalan Lobak yang mengalami amblas dan berlubang. Tanah di sekitar badan Jalan tampak terus tergerus sehingga rawan mengalami longsor lanjutan.


Sedangkan lokasi Jalan yang amblas tersebut masih kerap dilintasi masyarakat, dan bahkan di jam-jam tertentu jalan dengan posisi tanjakan tersebut kerap mengalami kemacetan karena merupakan jalan alternatif masyarakat dari Jalan Soekarno Hatta menuju Jalan SM Amin atau HR Soebrantas.

Agus salah seorang warga mengaku badan Jalan Lobak tersebut sudah beberapa tahun belakangan ini mengalami amblas dan berlubang. Sebelumnya warga sekitar memutupi jalan yang amblas dengan menggunakan kayu. Namun akibat kerap tergerus hujan dan tanah di dalam badan jalan mengalami penggerusan akhirnya warga sekitar meletakan sejumlah tumpukan sampah plastik serta kayu dengan ukuran yang panjang guna memberitahukan kepada pengendara yang melintas agar dapat selalu waspada.

"Sudah lama ini kejadiannya. Karena takut memakan korban jiwa makanya kami tutup dengan kayu," kata dia.

Lanjut Agus, tak hanya satu titik yang mengalami hal yang serupa. Hanya berkisar beberapa meter saja, badan jalan yang amblas juga terjadi di hampir sepenjang Jalan Lobak menuju traffic light dan juga di badan Jalan Srikandi di Kelurahan Delima akibat terus tergerus aliran air hujan.

Bank BJB

"Mungkin karena kawasan ini kerap menjadi lintasi air hujan. Jadi badan jalan tak mampu lagi menahan debit air hujan yang dengan deras meluncur menuju parit besar di sekitar jalan tersebut. Sehingga penyerapan air tidak maksimal," terangnya.

Meskipun begitu, dirinya berharap badan jalan yang rusak dan amblas dapat segera diperbaiki agar masyarakat dan pengendara yang melintas tidak terperosok ke dalam lubang yang menganga.

"Semoga cepat diperbaiki lah jalannya. Demi keselamatan bersama," harap dia.

Hal yang serupa juga dirasakan Evan. Salah seorang pengendara roda dua yang kerap melintas Jalan Lobak mengaku khawatir badan jalan yang amblas sangat membahayakan keselamatan pengendara yang melintas apalagi saat malam hari. "Kalau pas malam hari kan minim penerangan. Jadi kalau tidak segera diperbaiki akan memakan korban jiwa. Karena ukuran lubang yang mengangga setiap hari kian luas," ucapnya.(ayi)

Laporan PRAPTI DWI LESTARI, Kota

 



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


samsat- Pemkab Meranti




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com