Hanya Awal Bros A Yani Miliki Ortotik Prostetik di Riau

Pekanbaru | Selasa, 18 Februari 2020 - 09:55 WIB

Hanya Awal Bros A Yani Miliki Ortotik Prostetik di Riau
Petugas RS Awal Bros A Yani memperlihatkan workshop ostotik protestik yang tersedia, baru-baru ini. (MUJAWAROH ANNAFI/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Banyak pelayanan tersedia di Rumah Sakit Awal Bros A Yani Pekanbaru. Bahkan, RS Awal Bros A Yani bisa dibilang salah satu rumah sakit terlengkap di Pekanbaru karena memiliki pelayanan ortotik prostetik. RS Awal Bros A Yani merupakan satu-satunya rumah sakit di Riau yang mempunyai pelayanan ini. Ortotik prostetik adalah alat bantu gerak tubuh seperti jari, tangan, kaki dan alat bantu tubuh lainnya.

Manajer Pengembangan dan Pemasaran RS Awal Bros A Yani  dr Dedi Agusmar mengatakan RS Awal Bros A Yani saat ini memiliki workshop untuk membuat replika alat bantu gerak tubuh.  "Ortotik prostetik ini dibuat menyerupai bagian tubuh yang hilang. Kita buat replika seperti tangan, kaki, penyangga tubuh, penyangga leher dan lain-lain," kata Dedi, Senin (17/2).

Dedi menjelaskan ortotik prostetik di rumah sakit mereka, pasien akan konsultasi terlebih dulu dengan dokter orthopedi  dan selanjutnya pasien akan dibuatkan replika bagian tubuh yang sesuai untuk pasien tersebut.

Setelah selesai dibuat, pasien akan dilatih terlebih dahulu untuk memakai replika yang telah dibuat hingga pasien terbiasa.

"Hasil yang dapat digunakan akan dilatih terlebih dulu. Misalkan alat bantu gerak pada kaki, maka akan dilatih cara berjalannya agar nyaman saat digunakan," jelas Dedi.

Dedi menambahkan, jika dulu masyarakat Pekanbaru harus ke Solo. Tapi, kini hanya perlu ke RS Awal Bros A Yani sehingga  masyarakat bisa menghemat waktu dan biaya. "Dulu untuk membuat alat bantu gerak tubuh palsu harus ke Solo dulu, tapi kini dapat langsung ke RS Awal Bros A Yani," tuturnya.(a)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-03.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com