PRESTASI

Kota Pekanbaru dan Dumai Terima Trofi dan Sertifikat TPID Award 2021

Pekanbaru | Sabtu, 18 September 2021 - 10:15 WIB

Kota Pekanbaru dan Dumai Terima Trofi dan Sertifikat TPID Award 2021
Penyerahan TPID Award 2021 untuk Kota Pekanbaru sebagai TPID berkinerja terbaik tingkat kabupaten/kota kawasan Sumatera dan TPID Kota Dumai sebagai nominator TPID berkinerja terbaik tingkat kabupaten/kota kawasan Sumatera, Kamis (16/9/2021). (MUJAWAROH ANNAFI/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pekanbaru dan Kota Dumai menerima trofi dan sertifikat TPID Award 2021. Kota Pekanbaru sebagai TPID berkinerja terbaik tingkat kabupaten/kota kawasan Sumatera dan TPID Kota Dumai sebagai nominator TPID berkinerja terbaik tingkat kabupaten/kota kawasan Sumatera, Kamis (16/9).

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yang diwakili oleh Asisten Deputi Fiskal Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Dr Gunawan Pribadi SE MBT Ak CA datang langsung ke Pekanbaru untuk menyerahkan trofi dan sertifikat penghargaan kepada TPID Kota Pekanbaru dan TPID Kota Dumai.


Prosesi penyerahan tersebut dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau. Hadir pada acara tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Decymus, Walikota Pekanbaru Firdaus, dan Walikota Dumai  Paisal, dan dihadiri secara virtual Gubernur Provinsi Riau Syamsuar. Kegiatan ini juga disaksikan secara virtual oleh para bupati dan seluruh anggota TPID se-wilayah Riau.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Decymus menyampaikan, raihan TPID Kota Pekanbaru dan TPID Kota Dumai dalam TPID Award 2021 merupakan sejarah baru. "Untuk pertama kalinya, Kota Pekanbaru berhasil memperoleh gelar TPID terbaik tingkat kabupaten/kota Kawasan Sumatra pada pada ajang bergengsi Tim Pengendalian Inflasi Daerah Award (TPID Award) 2021 atas penilaian kinerja tahun 2020," katanya.

Penghargaan tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri dan Bank Indonesia dan dipimpin langsung oleh Bapak Presiden RI di Istana Negara pada 25 Agustus 2021 lalu.

TPID Kota Dumai juga menjadi salah satu dari tiga nominator TPID terbaik bersama Kota Pekanbaru dan Palembang. Artinya, dua dari tiga kota yang menjadi kota survei inflasi nasional di Riau menjadi kota dengan pengendalian inflasi terbaik di Kawasan Sumatra. "Sinergi yang terbangun memberikan bukti nyata bahwa langkah pengendalian inflasi, terutama bahan kebutuhan pokok yang dilakukan TPID, telah berjalan optimal dalam memitigasi potensi lonjakan harga yang dapat menurunkan daya beli masyarakat, yang sudah terpukul karena pembatasan aktivitas dan mobilitas," tutur Decymus.

Bank BJB

Asisten Deputi Fiskal Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian  Gunawan Pribadi menyampaikan, kinerja TPID se-Riau tahun 2020 secara umum mengalami peningkatan. Hal ini tercermin dari partisipasi TPID se-Riau dalam evaluasi kinerja TPID tahun 2019 meningkat dari 92 persen menjadi 100 persen.

Walikota Pekanbaru Firdaus menyampaikan rasa haru dan bahagia atas raihan TPID Kota Pekanbaru sebagai TPID berkinerja terbaik tingkat kabupaten/kota Kawasan Sumatra 2021. "Pemerintah Kota Pekanbaru juga memberikan dukungan dan dorongan untuk pengembangan Badan Usaha Milik Daerah yakni PT Sarana Pangan Madani (PT SPM) untuk selalu berinovasi meningkatkan hasil pertanian dengan berbagai upaya," ujarnya.

Sementara itu Walikota Dumai Paisal, turut mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian atas apresiasi kepada TPID Kota Dumai yang dinobatkan sebagai nominasi TPID berkinerja terbaik tingkat kabupaten/kota Kawasan Sumatera 2021. "Pencapaian ini tentu tidak terlepas dari kerjasama Tim Pengendalian Inflasi Kota Dumai yang solid serta bimbingan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta tim dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau," tambahnya.(anf)



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


samsat- Pemkab Meranti




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com