Gus Ghofur Safari Pencerahan ke Empat Perguruan Tinggi

Pekanbaru | Rabu, 18 Desember 2019 - 12:22 WIB

Gus Ghofur Safari Pencerahan ke Empat Perguruan Tinggi
GUS Ghofur

KOTA (RIAUPOS.CO) -- Selama tiga hari ini, mulai, Rabu (18/12) hingga Jumat (20/12) anak ulama kharismatik Nadhlatul Ulama (NU) KH Maimoen Zubair, Dr KH Abdul Ghofur MA melakukan Safari Pencerahan ke empat perguruan tinggi (PT) di Pekanbaru. 

Safari Pencerahan di empat perguruan tinggi tersebut dimulai dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau. Kemudian berturut-turut di hari pertama, perguruan tinggi lainnya didatangi adalah Universitas Riau (Unri). Sedangkan Universitas Lancang Kuning (Unilak) dan Universitas Islam Riau (UIR) di hari Kamis (19/12). 


"Gus Ghofur (sapaan Dr KH Abdul Ghofur, red) ini merupakan ahli tafsir lulusan ternama Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Nilai kelulusannya di atas Ustaz Abdul Somad (UAS). Kepintaran Gus Ghofur turun dari ayahnya, almarhum almukarrom Mbah Maimoen," kata Ketua Umum Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Riau-Kepri Abdul Rauf, Selasa, (17/12).

Usai dari UIN Suska, tutur Rauf, Gus Ghofur melanjutkan Safari Pencerahannya ke Universitas Riau (Unri), lepas makan siang dan Salat Zuhur. Safari Pencerahan di Unri ini akan dipusatkan di Aula Sutan Balia FISIP, bukan di rektorat. 

Sebelum Salat Ashar, anak kelima pasangan Mbah Maimoen dengan Nyai Hj Masthi’ah ini melanjutkan perjalanannya ke Pondok Pesantren Dar el Hikmah, sekaligus menjadi imam di lembaga pendidikan Islam tersebut. 

"Usai di Dar el Hikmah, Safari Pencerahannya Gus Ghofur sudah padat terjadwal. Malamnya Gus Ghofur mengisi Maulid Nabi di Kampar," ungkap mahasiswa semester akhir UIN Suska ini. 

Di hari kedua, jelasnya, Rektor Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah (Jateng) ini memulai Safari Pencerahannya dari Universitas Lancang Kuning (Unilak). 

Pencerahan diberikan Gus Ghofur tersebut dipusatkan di Aula Pustaka Unilak dimulai pukul 09.00 WIB hingga Salat Zuhur. Usai itu, lulusan Al Azhar, Kairo, Mesir ini, melanjutkan safarinya ke Universitas Islam Riau (UIR) hingga pukul 15.30 WIB. 

"Usai Salat Ashar, Gus Ghofur akan menggelar Dialog Kebangsaan bersama aktivis mahasiswa Pekanbaru yang tergabung dalam Kelompok Cipayung. Di antaranya, HMI, IMM, GMKI, serta organisasi ekstra kampus lainnya," ungkap Rauf. 

Sedangkan di hari ketiga, Jumat, 20 Desember 2019, Gus Ghofur akan memberikan tausiyah berupa Tabligh Akbar memperingati Maulid Nabi dengan prajurit TNI dan Polri di Masjid Raya An-Nur, pukul 08.00 WIB.(ksm)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor


EPAPER RIAU POS  2020-07-10.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com