Puswil Buat Buku Digital

Pekanbaru | Kamis, 19 Desember 2019 - 11:00 WIB

Puswil Buat Buku Digital
Tambah Jam Operasional: Seorang anak mencari buku di Perpustakaan Wilayah Soeman HS, Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru, Rabu (18/12/2019). (EVAN GUNANZAR/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Perpustakaan Wilayah (Puswil) Soeman HS Provinsi Riau melakukan terobosan baru dengan membuat buku digital. Ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca.

"Mengingat era sekarang serba digital, makanya kami coba untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Tapi tidak semua buku dapat di digitalisasi karena itu juga menyangkut hak cipta dari buku tersebut," sebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Riau Rahima Erna kepada wartawan, Selasa (17/12).

Untuk mendapatkan buku digital tersebut, Erna menyampaikan cukup dengan menjadi anggota Perpustakaan Soeman HS, masyarakat sudah dapat mengakses situs menuju buku digital itu.

"Nantinya akan ada link menuju beberapa jurnal, selain itu juga ada akses dengan e-Pekanbaru dan juga e-perpustakaan. Jadi mau tidak mau atau suka tidak suka, buku harus di digitalisasi untuk mempermudah akses agar menarik minat pembaca,"ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan minat pembaca, Erna berharap peran keluarga juga menjadi poros utama selain dari memanfaatkan perpustakaan keliling yang berkunjung ke sekolah-sekolah.

"Untuk sekarang jumlah pengunjung perpustakaan memang mengalami penurunan. Perpustakaan Soeman HS mempunyai target sebanyak 400 ribu orang pengunjung per tahunnya,"katanya.

Ia menuturkan, saat ini pengunjung perpustakaan setiap harinya hanya dikunjungi 500 orang per hari, sedangkan Puswil menargetkan 1.000 pengunjung per harinya. Dan biasanya kunjungan terbanyak itu ketika weekend.

"Menjelang liburan ini, upaya kita bukan hanya berharap orang datang ke pustaka, namun juga pustaka keliling dan mewajibkan anak-anak sekolah untuk mengunjungi pustaka keliling tersebut," kata Erna.

Untuk menarik minat pembaca, saat ini Perpustakaan Soeman HS sudah buka selama sepekan penuh. "Untuk Sabtu malam, bukan hanya dibuka untuk pembaca saja, tetapi juga untuk pertunjukan kreasi dan berbagai aktivitas. Ahad dibuka sampai pukul 15.00 WIB," terangnya.(ade)

Laporan Dofi Iskandar, Kota




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com