Juli, UMKM Diizinkan di CFD

Pekanbaru | Senin, 20 Juni 2022 - 09:32 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Pekanbaru sudah dua pekan terakhir digelar di Pekanbaru. Pemanfaatan lokasi untuk bisa digunakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baru diperbolehkan awal bulan depan atau Juli 2022.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mentapkan kegiatan yang juga dikenal dengan nama car free day (CFD) ini hanya untuk sarana olahraga. Masyarakat yang ada di sekitar area CFD hanya diizinkan untuk berolahraga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sementara untuk aktivitas UMKM di lokasi CFD belum diizinkan.

Yamaha Alfa Scorpii

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru berencana memulai aktivitas UMKM di lokasi CFD mulai awal Juli mendatang. Para pelaku UMKM diizinkan menggelar dagangan mereka di sekitar area CFD. "Kami rencanakan mulai pekan depan buka pendaftaran bagi pelaku UMKM di sana," kata Kepala DPP Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Ahad (19/6).

Pihaknya tengah melakukan penataan pedagang yang ingin menggelar lapak di lokasi CFD. Ada sejumlah tempat yang disiapkan khusus bagi UMKM yang ingin berjualan di sana.

Para pelaku UMKM bisa mendaftar langsung ke DPP Pekanbaru untuk mendapatkan space di area CFD. Sejumlah syarat seperti pasfoto 3x4 dan fotokopi KTP harus dilengkapi pelaku usaha.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, bahwa pembukaan area CFD masih terbatas. Ia menyebut aktivitas di sekitar area CFD masih untuk olahraga dan kegiatan seni. "Jadi artinya belum ada aktivitas lain, selain olahraga dan seni," jelas Yuliarso.


Ia menyebut, bahwa di luar area CFD ada di luar kendali Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Sedangkan dalam area HBKB itu memang dalam kendali pihak Dinas Perhubungan.

Yuliarso pun mengimbau masyarakat untuk tetap saling menjaga agar jangan sampai aktivitas di area CFD tidak terkendali. Ia menyebut bila kondisi tidak terkendali tentu rekomendasi dari CFD bisa kembali dicabut.

"Untuk kebaikan kita semua, khususnya untuk warga Pekanbaru yang hendak berjualan di sekitar CFD bisa bersabar. Bila sudah memungkinkan, tentu dipersilahkan," tutupnya.(ali)



DIPO Hearing HRD HEAD



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com