Diskes: Perhatikan Kualitas dan Kebersihan Air Minum

Pekanbaru | Senin, 20 Desember 2021 - 11:19 WIB

Diskes: Perhatikan Kualitas dan Kebersihan Air Minum
(INTERNET)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Semakin menjamurnya depot air isi ulang di Kota Pekanbaru, membuat Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengingatkan dan mengimbau masyarakat untuk selalu mengecek kebersihan dan kualitas air minum isi ulang tersebut, Ahad (19/12).

Menurut Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, masyarakat harus memperhatikan kebersihan sebelum mengkonsumsi air minum dalam kemasan atau air minum isi ulang.

Yamaha Alfa Scorpii

Apalagi saat ini, ada sebanyak 700 depot air minum isi ulang beroperasi di Kota Pekanbaru yang berada pada pembinaan dan pengawasan Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, DPMPTSP, Disperindag, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

Itu sebabnya, meskipun terdapat pengawasan dalam produksi air minum kemasan, namun kepedulian masyarakat untuk memperhatikan kualitas dan ke higienisan air minum yang dikonsumsi harus dilakukan, khususnya dalam hal kebersihan proses distribusi maupun penggunaannya di rumah juga harus diperhatikan.

Living World Pekanbaru

"Kami menyarankan masyarakat yang ingin mengkonsumsi air minum dalam kemasan ataupun air minum isi ulang untuk  disimpan di tempat yang aman, jauh dari matahari," kata dia.

Lanjut Zaini, meskipun dilihat dari luar air yang ada di dalam kemasan tersebut bersih, namun jika air kemasan saat disimpan terkena sinar matahari, makan akan merubah struktur air dan berbahaya bagi kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya dan akan meningkatkan sederet penyakit berbahaya, seperti tifus, dan lainnya.


"Walaupun airnya bersih, ataupun aman untuk dikonsumsi, tapi apabila dikonsumsi melewati kedaluarsanya atau terkena sinar matahari, dia biasanya menyebabkan air itu berubah strukrurnya. Inilah yang ditakutkan menimbulkan bahaya penyakit ataupun keracunan bagi masyarakat yang mengkonsumsinya," tegasnya.(ayi)

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-28.jpg

Miyako

Rinnai

Shimizu




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com