Karhutla Terjadi karena Kesadaran Masyarakat Kurang

Pekanbaru | Jumat, 21 Februari 2020 - 09:39 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Belum lama ini, di wilayah Kecamatan Bukit Raya mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang diakibatkan oleh pembukaan lahan kosong oleh warga.

Menyikapi hal tersebut, Camat Bukit Raya Wahyu Idris SHut MSi mengimbau seluruh masyarakat Kecamatan Bukit Raya untuk tidak membakar sampah dan membuka lahan dengan cara membakar.

Pasalnya, menurut Wahyu kebakaran yang terjadi di Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukit Raya tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya serta dampak dari api dan asap sisa kebakaran yang merusak kesehatan.

"Kami selalu berusaha mengingatkan dan mengimbau  seluruh masyarakat, kalau memang banyak sampah janganlah dibakar karena petugas kebersihan kan sudah rutin mengangkut sampah, apalagi membuka lahan dengan cara membakar itu sudah dilarang sejak dulu," ucapnya, Kamis (20/2).

Apalagi, imbauan yang dilakukan oleh pihaknya tidak hanya melalui tertulis seperti penyebaran spanduk di sejumlah titik tapi juga tidak tertulis kepada masyarakat agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Sudah sering kita sampaikan. Lewat berbagai acara pertemuan atau forum-forum di kelurahan maupun di kecamatan kita ingatkan jangan membuka lahan dengan cara membakar. Ya itu tergantung masyarakatnya saja lagi, dan kita mengantisipasi api sudah kita buat embung air dulu. Bahkan, saat ini Pemerintah Provinsi Riau juga telah menetapkan Riau status Siaga Karhutla sehingga kita perlu bersama-sama menjaga lingkungan kesitar dari bahaya kebakaran hutan dan lahan," tegasnya.(ayi)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com