Tapir Terjebak di Kolam Warga

Pekanbaru | Rabu, 21 April 2021 - 09:55 WIB

Tapir Terjebak di Kolam Warga
Petugas BBKSDA Provinsi Riau meniupkan obat bius ke tubuh tapir yang terjebak di kolam pemukiman warga, Jalan Surya Garuda Sakti, Perumahan Cendrawasih, Kelurahan Air Putih, Selasa (20/4/2021). Kanan: Warga melihat petugas melakukan evakuasi tapir. (MHD AKHWAN/RIAU POS )

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Seekor tapir ditemukan terjebak dalam kolam ikan dekat pemukiman warga di Jalan Surya, Garuda Sakti, Perumahan Cendrawasih Blok S, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tuah Madani, Selasa (20/4) siang.

Warga takut melakukan evakuasi karena khawatir diserang. Mendapat laporan warga, petugas dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau datang ke lokasi melakukan evakuasi terhadap hewan yang dilindungi tersebut.


Julaiha, warga setempat menyebutkan, sekitar pukul 11.30 WIB saat ia sedang mencuci pakaian, tiba-tiba ia mendengar suara keras dari belakang rumah. "Byuuur... Seperti suara orang tercebur kolam. Saya pikir ada anak jatuh ke kolam itu. Lalu saya lihat ternyata seekor tapir,"ujar Julaiha.

Julaiha sendiri mengaku tidak berani mendekati hewan tapir itu. Ia langsung menghubungi Ketua RT setempat. Tak lama, petugas dari BBKSDA Riau tiba di lokasi untuk melakukan evakuasi.

"Ini baru pertama kalinya ada tapir yang tersesat di sini. Sebelumnya tidak pernah terjadi,"kata Julaiha. 

Sementara itu, Humas BBKSDA Riau Dian Indriati mengatakan, timnya sudah berada di lokasi dan sedang berupaya melakukan penyelamatan. 

"Tim sedang berupaya melakukan penyelamatan (evakuasi),"ujar Dian.

Saat dihubungi pukul 18.00 WIB, Dian menyebutkan tim sudah berhasil mengevakuasi tapir. Ia menambahkan, tapir tersebut akan dilakukan perawatan terlebih dahulu di kebun binatang Kasang Kulim sebelum nantinya dikembalikan ke habitatnya.

‘"Saat ini tapir sudah berhasil dievakuasi dari kolam tersebut," sebut Dian.(dof)


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com