Relawan Covid-19 Berhasil Kumpulkan 2.387 Kantong Darah

Pekanbaru | Selasa, 21 September 2021 - 09:47 WIB

Relawan Covid-19 Berhasil Kumpulkan 2.387 Kantong Darah
Peserta donor darah tampak antusias mengikuti kegiatan donor darah spesial HUT ke-76 PMI yang diselenggarakan oleh Relawan Peduli Covid-19 Riau di Ballroom Hotel Furaya, Ahad (19/9/2021). (PRAPTI DWI LESTARI/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Selama tiga hari menggelar aksi sosial donor darah, Relawan Peduli Covid-19 Riau berhasil mengumpulkan sebanyak 2.387 kantong darah. Kegiatan yang diselenggarakan pada 17-19 September 2021 di Hotel Furaya itu diadakan dalam rangka HUT ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI).

Ketua Harian Relawan Peduli Covid-19 Riau Dirmanto mengatakan, melihat antusiasme masyarakat Kota Pekanbaru yang mengikuti kegiatan donor darah sejak hari pertama pihaknya telah mampu mengumpulkan sebanyak 741 kantong darah. Pada hari kedua sebanyak  765 kantong dan hari ketiga sebanyak 881 kantong.


"Kami sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang peduli terhadap sesama dengan mendonorkan darahnya dalam kegiatan yang kami gelar," katanya, Senin (20/9).

Lanjut Dirmanto, sebenarnya ada ribuan masyarakat Kota Pekanbaru yang mendaftarkan diri dalam kegiatan donor darah tersebut. Namun, setelah melakukan serangkaian pengecekan kesehatan, sebanyak 347 pendonor gagal mendonorkan darah mereka.

Selain itu, sebanyak 29 orang berhasil mendonorkan plasma konvalesennya guna membantu para pasien Covid-19 yang tengah berjuang pulih dari Covid-19." Dari total 41 orang peserta yang mendaftar untuk donor plasma konvalesen. 19 orang dinyatakan tidak lulus dengan alasan kesehatan, " terangnya. Sebagai ucapan terima kasih, panitia pelaksana juga memberikan buah tangan kepada peserta donor darah dan plasma konvalesen berupa beras, masker, hand sanitizer, dan hand gel.

"Mungkin hadiah kecil yang kami berikan ini tidak sebanding dengan kontribusi para pendonor darah yang telah membantu menyelamatkan nyawa pasien yang tengah memerlukan pasokan darah di sejumlah rumah sakit," tuturnya.

Bank BJB

Sementara itu, Ketua PMI Pekanbaru, M Noer mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk melakukan donor darah dalam rangka ulang tahun PMI yang ke-76 kian tinggi. Bahkan, meskipun kegiatan donor darah sudah selesai. Pihaknya tetap membuka layanan donor darah di kantor sekretariat PMI Kota Pekanbaru.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Relawan Peduli Covid-19 Riau yang telah menyediakan buah tangan berupa sembako dan alat kesehatan pencegah Covid-19 kepada para pendonor. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh pendonor," tegasnya.(ayi)

 



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com