Hamdani: Kuatkan UMKM Hadapi Dampak Covid-19

Pekanbaru | Sabtu, 21 November 2020 - 18:48 WIB

Hamdani: Kuatkan UMKM Hadapi Dampak Covid-19
Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani ketika menemui pendemo di halaman kantor DPRD Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu.(DOK.RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Dampak pandemi Covid-19 menerpa berbagai sektor, tak terkecuali para pelaku usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM). Untuk itu diperlukan penguatan UMKM dengan berbagai program.

Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani menyadari dampak pandemi Covid-19. Itu juga berdampak pada anggaran SKPD yang harus dirasionalisasi. Tapi untuk UMKM, pihak DPRD Pekanbaru mengganggarkan lagi dalam APBD-P.


"Sebab ini prioritas dan kami peduli dengan pelaku UMKM yang memang terdampak sangat dalam akibat pandemi Covid-19 ini," ujar Hamdani, Jumat, (20/11/2020).

Dia menyebutkan, UMKM adalah kekuatan masyarakat. Apalagi Kota Pekanbaru merupakan kota perdagangan dan jasa yang salah satu pilarnya adalah UMKM. Jika UMKM kuat, maka ekonomi akan kuat. Begitu juga sebaliknya.

Dia mengapresiasikan kegiatan Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru berupa pelatihan pembuatan masker. Pelatihan selama dua hari (19-20 November 2020) ini diharapkan dapat menjadi sarana dalam peningkatan kemampuan dan keterampilan masyarakat. Menurutnya, UMKM harus menjadi perhatian utama stakeholder terkait, apalagi menghadapi Covid-19 yang benar-benar menghantam perekonomian ini.

Diskes Rohul Lawan Covid-19

"Harus difasilitasi hingga tuntas. Dilakukan pendampingan kepada mereka," ujar Hamdani.

Ada sekitar 15 ribu UMKM di Kota Pekanbaru. Mereka hendaknya benar-benar diarahkan agar berusaha tak lagi terkendala protokol kesehatan misalnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi atau smartphone. Jika ini diberdayakan, maka akan tersedia produk UMKM yang tidak memerlukan pertemuan langsung yang saat ini masih rawan Covid-19.

"Semua sudah bisa lewat telepon pintar. UMKM juga harus begitu di zaman Covid-19 ini," ujarnya.

Laporan: Muhammad Amin (Pekanbaru)
Editor: Eka G Putra








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-11-24.jpg

loading...
PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com