Usahakan UMKM Bangkit dari Dampak Covid-19

Pekanbaru | Sabtu, 21 November 2020 - 22:12 WIB

Usahakan UMKM Bangkit dari Dampak Covid-19
Pelatihan pembuatan masker Diskop UKM Kota Pekanbaru, Kamis (19/11/2020).(IST)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Pandemi Covid-19 tak hanya membuat takut dari segi kesehatan. Lebih jauh, sektor usaha juga kelabakan. Maka perbaikan ekonomi menjadi salah satu hal yang ditekankan Pemko Pekanbaru.

"Kami memperbanyak pelatihan dan pendampingan UMKM untuk mengatasi masalah ekonomi dari dampak Covid-19 ini," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pekanbaru Dr Idrus MAg.


Baca Juga :Pandemi, Pilot Jajal ’Online Shop’

Hal itu dikatakannya kepada Riau Pos, Kamis (19/11) usai Pelatihan Teknis Keterampilan Pembuatan Masker Se-Kota Pekanbaru. Pelatihan diadakan dua hari, 19-20 November 2020. Pelatihan diikuti 400 orang. Tahap I 100 orang, sisanya tahap lainnya hingga empat tahap.

Idrus mengatakan, resesi ekonomi akibat Covid-19 kali ini berbeda dengan krisis ekonomi 1998. Ketika itu, perbankan banyak yang kollaps. Justru UMKM jadi penyelamat ekonomi nasional. UMKM tetap berjaya. Kini kondisinya berbeda. Justru UMKM yang jatuh lebih dahulu. Sebab, semua sektor usaha kecil justru terdampak.

"Istilah Pak Sandiaga Uno, UMKM justru KO di ronde pertama kali ini," ujar Idrus.

Untuk itulah pelaku UMKM harus dapat mencari celah usaha yang bisa mengatasi keadaan. Salah satunya adalah berbagai kebutuhan penting saat Covid-19. Masker menjadi yang utama. Sempat terjadi kelangkaan masker. Makanya diperlukan banyak masker wajah yang berstandar.

Untuk itulah pihaknya melakukan pelatihan pembuatan masker ini. Tujuannya tak hanya jangka pendek, tapi jangka panjang. Akan ada pendampingan, kemungkinan pelatihan lanjutan, membuat kelompok. Kelompok-kelompok ini akan dibina.

"Nanti kita siapkan mereka membentuk koperasi. Jadi pembinaan UMKM ini akan kita arahkan untuk mandiri dan jadi koperasi," ujar Idrus.

Anggaran yang minim dan bahkan dipotong akibat pandemi Covid-19 ini tak membuat langkah Dinas Koperasi dan UKM surut. Adanya anggaran tambahan dari DPRD khususnya dalam pelatihan ini membuatnya bersyukur.

"Pak Ketua DPRD kita (Hamdani) luar biasa. Dalam kondisi pandemi, beliau memperhatikan kita," ujar Idrus.

Diskes Rohul Lawan Covid-19

Laporan: Muhammad Amin (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU






EPAPER RIAU POS  hal-1.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com