UMK 2022 Kota Pekanbaru Diusulkan Rp3,069 Juta

Pekanbaru | Senin, 22 November 2021 - 08:40 WIB

UMK 2022 Kota Pekanbaru Diusulkan Rp3,069 Juta
Kepala Disnaker Kota Pekanbaru Abdul Jamal (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru mengajukan Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2022 ke Pemerintah Provinsi sebesar Rp 3,069 juta. Jika di setujui maka perusahaan wajib memperlakukannya mulai Januari 2022.

Kepala Disnaker Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Ahad (21/11) mengatakan, pihaknya telah mengajukan UMK tahun 2022. Dari jumlah yang diajukan ada kenaikan sebesar 2,39 persen dibandingkan tahun lalu.


"Kami menunggu persetujuan dari pemerintah provinsi. Jika disetujui akan kami umumkan segera," kata dia.

Kenaikan UMK Pekanbaru ini seiring dengan telah ditetapkannya Upah Minimum Provinsi (UMP) Riau  yang naik 1,7 persen. Kondisi ini mengacu pada pertumbuhan ekonomi, inflasi serta konsumsi rumah tangga masyarakat yang ada di Kota Pekanbaru sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pekanbaru.

Jamal menyebut, kenaikan UMK Pekanbaru telah diputuskan bersama dewan pengupahan yang terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, badan pusat statistik, perwakilan pengusaha dan serikat pekerja atau buruh.

"UMK sekarang berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu UMK ditetapkan melalui survei, dan sekarang terpengaruh oleh inflasi dan menggunakan data BPS," terangnya.

Sementara UMK Pekanbaru tahun 2021 sebesar 2,99 juta. Jamal mengingatkan agar seluruh perusahaan bisa mengikuti UMK bagi karyawannya. Karyawan yang telah bekerja selama satu tahun di perusahaan tersebut wajib mendapatkan UMK.

Disnaker Pekanbaru juga melakukan pengawasan terhadap perusahaan. Bagi yang melanggar, dikatakan Jamal bakal diberikan sanksi administrasi.

Bank BJB

"Silahkan lapor ke Disnaker bagi karyawan yang tidak dapat gaji sesuai UMK. Kami akan tindaklanjuti terhadap perusahaannya," tutupnya.(yls)

Laporan M ALI NURMAN, Kota

 




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  1-DESS.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-12-01 11:18:12
RUBAIDA ROSE guru MA Ponpes Nurul Islam Kampung Baru Kuantan Singingi Redefinisi Makna Belajar buat Guru 01 Desember 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com