MUSEUM SANG NILA UTAMA

Belajar Sejarah di Akhir Pekan

Pekanbaru | Minggu, 23 Februari 2020 - 10:52 WIB

Belajar Sejarah di Akhir Pekan
Salah satu pegawai museum menunjukkan beberapa koleksi yang dimiliki Museum Sang Nila Utama Riau, Sabtu (22/2/2020). Mujawaroh Annafi/Riau Pos

(RIAUPOS.CO) -- MENIKMATI akhir pekan, tidak selalu harus ke tempat-tempat mewah atau pusat perbelanjaan dan tempat wisata bermain lainnya. Namun menikmati akhir pekan, bisa mengajak keluarga untuk berwisata edukasi. Salah satunya dengan mengunjungi Museum Sang Nila Utama yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bersejarah dari masa lalu. Lebih dari 3.900 benda bersejarah yang dikoleksi di Museum Sang Nila Utama tersebut. “Kami ada lebih dari 3.900-an koleksi di sini,” ujar Kasi Pengelola dan Pengembangan Museum Sang Nila Utama, Edy Yulisman kepada Riau Pos, Sabtu (22/2).

Selain itu, Edy juga mengatakan museum ini tetap buka meskipun di akhir pekan. Karena Museum Sang Nila Utama menetapkan libur di hari Jumat dan hari libur nasional.

“Kami Sabtu dan Ahad tetap buka. Dari jam delapan sampai jam duabelas siang,” ucapnya.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, terdapat 10 jenis benda bersejarah yang dikoleksi oleh Museum Sang Nila Utama. Yaitu geologika, biologika, etnografika, arkeoligika, historika, numastika atau heraldika, filologika, keramologika, seni rupa, dan teknoligika.

Setiap hari museum ini selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak sekolah. Kendati demikian, tak sedikit pula masyarakat yang datang di akhir pekan membawa keluarganya atau pun datang sendiri untuk melihat sejarah. “Paling ramai itu akhir pekan, banyak rombongan anak-anak sekolah. Tapi ada juga pribadi atau bawa keluarga,” tutup Edy.(ksm)

Laporan MUJAWAROH ANNAFI, Kota

 




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-09.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com