Vaksinasi Anak Capai 64,13 Persen

Pekanbaru | Rabu, 23 Maret 2022 - 08:32 WIB

Vaksinasi Anak Capai 64,13 Persen
ZAINI RIZALDY (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Jelang Ramadan 1443 H, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru terus melakukan percepatan vaksinasi, khususnya terhadap anak. Hingga Selasa (22/3), vaksinasi anak sudah mencapai 64,13 persen atau 66.607 anak untuk dosis pertama.

"Kami terus melakukan percepatan vaksinasi bagi anak-anak," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy, kemarin.

Yamaha Alfa Scorpii

Lanjut Zaini, untuk capaian vaksinasi dosis kedua sudah berlangsung sekitar 38,42 persen. Sementara target vaksinasi anak mencapai 103.017 orang anak.

Meskipun saat ini capaian vaksinasi dosis kedua bagi anak-anak masih rendah, namun pihaknya tetap optimistis dalam mengejar target vaksinasi tersebut dengan terus mengedukasi dan mengimbau kepada orang tua murid untuk membantu dan membawa anaknya guna mendapatkan layanannya vaksinasi Covid-19 tersebut.

M Paspor
Iklan

"Sesuai capaian saat ini, mayoritas anak-anak sudah mendapat suntikan vaksin. Bagi orang tua yang merasa ragu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter tim vaksin ketika memiliki masalah kesehatan," kata dia.

Nantinya, dikatakan Zaini, tim dokter akan menjelaskan secara detail terkiat manfaat dari vaksinasi Covid-19 bagi anak dan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan anak sebelum mendapatkan vaksinasi guna memastikan kondisi kesehatannya.


"Kalau mereka yang sedang memiliki penyakit bawaan tidak disarankan untuk vaksinasi. Makanya pengecekan kesehatan sebelum vaksinasi itu diperlukan agar kita bisa sama-sama mengetahui kesehatan para penerima vaksinasi," tambahnya.

Selain itu, bila saat dilakukan pemeriksaan ternyata diketahui anak tersebut hanya memiliki gejala ringan, maka akan mendapat perawatan medis di Puskesmas. Sedangkan yang memiliki gejala sedang atau berat akan dialihkan ke rumah sakit.

"Anak bakal mendapat rujukan untuk menjalani perawatan di rumah sakit. Mereka mendapat perawatan hingga kondisinya pulih dan diperbolehkan dokter untuk suntik vaksin," ujarnya.(ayi)



DPRD SIAK



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Daihatsu Sigra

DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com